Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Cek Fakta] Beredar Video Bharada E tengah Melakukan Ijab Kabul Pernikahan? Begini Faktanya

Medcom Files Bharada E Sidang Ferdy Sambo Pernikahan Cek Fakta hoax kabar hoaks
Wanda Indana • 22 November 2022 16:01
Beredar sebuah video yang diklaim memperlihatkan Bharada Richard Eliezer atau Bharada E sedang melakukan ijab kabul pernikahan dan dihadiri pejebat negara. Video ini beredar di media sosial.
 
Akun Facebook ini membagikan video tersebut pada Sabtu, 19 November 2022. Pada unggahan videonya, akun tersebut menyertakan narasi sebagai berikut:
 
"Live Siang Tadi,
Proses Ijab Kabul Bharada E Dihadiri
Para Pejabat Negara ?!"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah? Berikut cek faktanya. [Cek Fakta] Beredar Video Bharada E tengah Melakukan Ijab Kabul Pernikahan? Begini Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar bahwa Bharada E sedang melakukan ijab kabul pernikahan dan dihadiri pejebat negara adalah salah. Faktanya, tidak ada data valid yang menguatkan klaim pada video yang beredar.
 
Melalui reverse image, video identik ditemukan pada kanal YouTubea.d.l populer pada video berjudul "Belajar Ijab Qobul Bahasa Indonesia Yang Benar dan Sah | Ijab Kabul |". Setelah disimak, video berdurasi 2 menit 52 detik itu tidak ada hubungannya dengan isu Bharada E sedang melakukan ijab kabul pernikahan.
 
Video tersebut hanya memperlihatkan tata cara mengucapkan ijab kabul pernikahan.
 
"Ijab Qobul di ucapkan satu napas sampai kata (tunai), kalau tidak kuat sampai kata tunai, boleh berhenti sampai kata nama (ayah) dari pengantin wanita, lalu di sambung sampai selesai.
Akad nikah: Dian & Pipit" bunyi keterangan pada kotak deskripsi video.
 
Sementara itu, Bharada E sendiri saat ini masih menjalani sidang kasus pembunuhan Brigadir J setelah sebelumnya sempat ditunda selama sepekan. Bharada E masih berstatus sebagai terdakwa dan belum divonis.
 
Dikutip dari Medcom.id, Bharada E kembali menjani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin, 21 November 2022, didampingi sejumlah petugas Lembaga Pelindungan Saksi dan Korban (LPSK) dengan kawalan anggota kepolisian.
 
Jaksa Penuntut Umum menghadirkan 11 saksi dalam sidang Bharada E bersama Kuat Maruf dan Bripaka RR. Dari sebelas saksi yang dihadirkan, sembilan di antaranya merupakan anggota Polri dan dua sisanya karyawan swasta.
 
Pada sidang tersebut Bharada E meminta maaf kepada para penyidik dari Polres Jakarta Selatan karena memberikan keterangan yang tidak sesuai dan mengikuti skenario yang dibuat mantan Kadiv Propam Ferdy Sambo.
 
Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar bahwa Bharada E sedang melakukan ijab kabul pernikahan dan dihadiri pejebat negara adalah salah. Faktanya, tidak ada data valid yang menguatkan klaim pada video yang beredar.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 
[Cek Fakta] Beredar Video Bharada E tengah Melakukan Ijab Kabul Pernikahan? Begini Faktanya
 
Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=VbZk5p2OBF8
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif