Foto tangkapan layar informasi yang beredar di WhatsApp
Foto tangkapan layar informasi yang beredar di WhatsApp

Fakta atau Hoaks

[Cek Fakta] Marquez Ditolak Puskesmas karena tidak Miliki BPJS? Ini Faktanya

Medcom Files Marc Marquez Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 22 Maret 2022 11:37
Beredar sebuah foto tangkapan layar artikel dengan narasi bahwa pembalap Moto GP Marc Marquez ditolak Puskesmas karena tidak memiliki BPJS setelah terjatuh di sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Foto ini beredar di grup WhatsApp.
 
Berikut penampakannya:
 

[Cek Fakta] Marquez Ditolak Puskesmas karena tidak Miliki BPJS? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Benarkah demikian?
Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa pembalap Moto GP Marc Marquez ditolak Puskesmas karena tidak memiliki BPJS, adalah salah. Faktanya, Marquez tidak pernah dibawa ke Puskesmas.
 
Bahwa benar Marquez mengalami kecelakaan fatal di sesi pemanasan MotoGP Mandalika 2022, Minggu, 20 Maret 2022. Pembalap Repsol Honda sempat dibawa ke medical center setara rumah sakit internasional di arena sirkuit.
 
Tidak lama berselang, Marquez langsung diterbangkan ke Rumah Sakit Mataram Lombok, menggunakan helikopter Basarnas. Pembalap asal Spanyol itu didampingi langsung sang manajer, Emilio Alzamora.

"Sebuah helikopter Eurocopter AS365 Dauphin warna oranye bertuliskan "Basarnas" atau Badan SAR Nasional mengudara Minggu (20/3/2022) sekitar pukul 11.20 Wita. Kendaraan udara baling-baling berkode HR 3604 saat itu sedang mengangkut orang istimewa," tulis situs infopublik.id dalam laporannya, Minggu 20 Maret 2022.


 
[Cek Fakta] Marquez Ditolak Puskesmas karena tidak Miliki BPJS? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa pembalap Moto GP Marc Marquez ditolak Puskesmas karena tidak memiliki BPJS, adalah salah. Faktanya, Marquez tidak pernah dibawa ke Puskesmas.
 

Referensi:
https://infopublik.id/kategori/nasional-ekonomi-bisnis/616839/marquez-ditemani-manager-dilarikan-ke-rsud-mataram-menggunakan-helikopter-basarnas
https://infopublik.id/kategori/nasional-ekonomi-bisnis/615473/medical-center-motogp-mandalika-canggih-berstandar-internasional
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif