NEWSTICKER
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial (Facebook).
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial (Facebook).

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] Kader PDIP Dewi Tanjung Meninggal Dunia? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 18 Februari 2020 17:43
Kader Partai Demokrasi Perjuanagan Indonesia (PDIP) Dewi Tanjung dikabarkan meninggal dunia. Dewi ini adalah sosok yang kerap membuat laporan polisi terkait sejumlah kasus yang dianggap melibatkan nama-nama beken.
 
Di antaranya Dewi pernah melaporkan mantan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais ke Polda Metro Jaya pada 14 Mei 2019. Laporan itu terkait dugaan makar
 
Dewi juga pernah melaporkan penyidik KPK, Novel Baswedan pada November 2019. Ia menuding Novel merekayasa kasus penyiraman air keras.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Baru-baru ini, Dewi juga melaporkan pendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Polda Metro Jaya dengan nomor LP/313/I/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ tanggal 16 Januari. Laporan ini buntut dari kisruh dua kelompok massa unjuk rasa di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa 14 Januari 2020. Namun kini beredar narasi bahwa Dewi Tanjung meninggal dunia. Hal itu dikabarkan oleh akun facebook Indra Hewlhl pada Selasa 18 Februari 2020.
 
"Innalillahi..dewi tanjung menghembuskan nafas terahirnya di RS premier jatinegara pada jm 03:57 serangan jantung mmbuat dewi tanjung tdk bisa tertolong lagi.smoga amal ibadahnya di trima disisinya," kata akun tersebut.
 

[Cek Fakta] Kader PDIP Dewi Tanjung Meninggal Dunia? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa Kader PDIP Dewi Tanjung, sosok pelapor sejumlah nama beken, meninggal dunia, adalah salah. Faktanya, Dewi masih sehat walafiat.
 
"Itu hoaks mas. Saya sudah telepon beliau. Beliau sehat walafiat," kata kolega Dewi, Permadi Arya yang akrab disapa Abu Janda kepada Medcom.id, Rabu 18 Februari 2020.
 
Dewi Tanjung terakhir kali diberitakan saat dirinyamelaporkan dugaan pencemaran nama baik dari pendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pada Senin 17 Januari 2020. Medcom.idmenurunkan pemberitaan tersebut melalui artikel berjudul "Dewi Tanjung Perkarakan Pendukung Anies".
 
Dewi menuding massa aksi pendukung Anies pada Rabu, 15 Januari 2020, melemparkan botol ke arah pihaknya yang juga berdemo di sisi lain Balai Kota. Dia menyebut massa juga melontarkan kata-kata kasar kepada pihaknya.
 
"Mengeluarkan caci maki kata-kata yang tidak pantas," kata Dewi di Mapolda Metro Jaya, Kamis, 16 Januari 2020.
 

[Cek Fakta] Kader PDIP Dewi Tanjung Meninggal Dunia? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Kader PDIP Dewi Tanjung, sosok pelapor sejumlah nama beken, meninggal dunia karena serangan jantung, adalah salah.Informasi ini masuk kategori hoaks jenisfabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta.
 

Referensi:
Kolega Dewi Tanjung via Sambungan Telepon
 
Sumber:
https://www.facebook.com/groups/164292123929993/permalink/1230057230686805/
 

 

(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif