Tangkapan layar informasi menyesatkan yang beredar di media sosial
Tangkapan layar informasi menyesatkan yang beredar di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Petinggi PDIP Pastikan Jokowi Lengser karena Kebijakan Ilegal? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 05 November 2020 06:39
Beredar narasi bahwa Petinggi PDI Perjuangan (PDIP) memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lengser karena kebijakan ilegal. Narasi ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook Blag Sah yang mengunggah narasi tersebut, Rabu 4 November 2020. Berikut narasi selengkapnya:

“Bismillah.
Telah di kabarkan dri petinggi PDIP Jokowi di pastikan lenser.d krnakan
Kebijakannya yg ilegal
#pdipmencret


Akun ini mengunggah narasi itu dalam sebuah grup facebook yang memiliki 12.800 anggota. Unggahan ini direspons sejumlah warganet. Terdiri dari 49 emotikon, 92 komentar dan 3 kali dibagikan.
 

[Cek Fakta] Petinggi PDIP Pastikan Jokowi Lengser karena Kebijakan Ilegal? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa bahwa Petinggi PDI Perjuangan (PDIP) memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lengser karena kebijakan ilegal, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi mengenai hal itu. Namun terdapat pernyataan Politikus PDIP terkait adanya upaya pelengseran Jokowi. Seperti dilansir RRI.co.id, Politikus PDIP TB Hasanuddin menilai upaya pelengseran tersebut seperti mimpi di siang bolong.
 
Meski muncul pernyataan mosi tidak percaya di tengah pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja atau Omnibus Law, tidak lantas membuat Jokowi lengser. Hasanuddin mengklaim sekadar mosi tidak percaya, tidak cukup untuk melengserkan seorang Presiden.
 
Menurut Hasanuddin mosi tidak percaya, efektif jika Indonesia menganut sistem parlementer. Akan tetapi, Indonesia menganut sistem presidensial.
 
Pula komposisi pendukung Jokowi di parlemen. Mayoritas fraksi di DPR merupakan pendukung pemerintah. Selain itu, kata Hasanuddin, mekanisme pemakzulan Presiden sangat sulit.


“Melihat komposisi koalisi fraksi-fraksi pendukung presiden di DPR, rasanya seperti mimpi di siang bolong kalau ada yang bercita-cita melengserkan presiden pilihan rakyat,” kata Hasanuddin seperti dilansir RRI.co.id, 14 Oktober 2020.


[Cek Fakta] Petinggi PDIP Pastikan Jokowi Lengser karena Kebijakan Ilegal? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Petinggi PDI Perjuangan (PDIP) memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lengser karena kebijakan ilegal,tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi mengenai hal itu.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Petinggi PDIP Pastikan Jokowi Lengser karena Kebijakan Ilegal? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://rri.co.id/nasional/politik/912711/lengserkan-jokowi-hanya-mimpi-di-siang-bolong
https://archive.md/IhfTF
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif