Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Video Tiongkok Meluncurkan Matahari Buatan? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta hoax kabar hoaks Tiongkok
Wanda Indana • 29 Juni 2022 16:42
Beredar sebuah video yang diklaim memperlihatkanpeluncuran matahari buatan olehTiongkok. Video itu beredar di media sosial.
 
Akun Twitter ini membagikan video tersebut pada 16 Juni 2022. Pada unggahan videonya, akun itu menyertakan narasi sebagai berikut:
 
"Matahari buatan Cina. Coba kalian pikir, manusia bisa buat matahari dari apa? Mau seolah2 udah mengungguli tuhan? Nanti bisa2 dibikin bumi baru tapi tinggal nya dialam gaib"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah? Berikut cek faktanya. [Cek Fakta] Video Tiongkok Meluncurkan Matahari Buatan? Ini Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperlihatkanpeluncuran matahari buatan oleh Tiongkok adalah salah. Faktanya, hoaks lama yang kembali beredar.
 
Video aslinya menunjukkan peluncuran roket Wenchang Spacecraft, Tiongkok, bukan peluncuran matahari buatan. Dilansir AFP, para warga yang sedang merekam peluncuran roket tersebut terdengar menyerukan kalimat-kalimat seperti:
 
"The rocket has been launched!" dan "Fire [up] the engine!" dalam Bahasa Mandari, in mengindikasikan bahwa video tersebut bukan tentang peluncuran matahari buatan.
 
Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar memperlihatkanpeluncuran matahari buatan oleh Tiongkok adalah salah. Faktanya, hoaks lama yang kembali beredar.
 
?Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 
[Cek Fakta] Video Tiongkok Meluncurkan Matahari Buatan? Ini Faktanya
 
Referensi:
https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9VZ4TH-1
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif