Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube
Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Raja Salman Jemput Paksa Habib Rizieq dari Penjara? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 14 April 2021 17:51
Beredar sebuah video dengan narasi Raja Arab Saudi Salman Bin Abdul Aziz menjemput paksa Habib Rizieq dari dalam penjara. Video beredar di youtube.
 
Kanal youtube JURNALIS membagikan video ini pada 14 April 2021. Video berjudul "GEGER !!! RAJA SALMAN JEMPUT PAKSA HABIB RIZIEQ DI TAHANAN" telah ditonton 8.200 orang.
 
Dalam halaman sampul video tersebut terdapat narasi sebagai berkut. "Terbungkam..!! Jokowi Makin Terpojok Raja Salman Jemput Paksa Habib Rizieq di Dalam Penjara"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
[Cek Fakta] Raja Salman Jemput Paksa Habib Rizieq dari Penjara? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Raja Arab Saudi Salman Bin Abdul Aziz menjemput paksa Habib Rizieq dari dalam penjara adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi terkait hal itu.
 
Dalam video berdurasi 10 menit 20 detik itu, tidak ada narasi atau informasi yang menyebutkan Raja Salman menjemput paksa Habib Rizieq.
 
Dilansir medcom.id, Habib Rizieq sendiri saat ini masih menjalani proses persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur akan menggelar sidang lanjutan Muhammad Rizieq Shihab pada 12 dan 14 April 2021. Sidang beragenda pemeriksaan saksi itu tidak disiarkan langsung melalui YouTube seperti sebelumnya.
 
Humas PN Jakarta Timur Alex Adam Faisal mengatakan proses persidangan ditayangkan pada dua buah monitor televisi di lobi depan PN Jakarta Timur. Tempat yang memang diperuntukkan bagi pengunjung dan media yang akan meliput.
 
[Cek Fakta] Raja Salman Jemput Paksa Habib Rizieq dari Penjara? Ini Faktanya
 
Habib Rizieq sendiri saat ini ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim Polri, Jakarta Selatan. Rizieq sebelumnya ditahan di Rutan Polda Metro Jaya.
 
Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi mengatakan pemindahan Rizieq karena Rutan Polda Metro Jaya sudah terlalu padat. Termasuk memudahkan pemeriksaan Rizieq mengingat tiga kasus yang menjeratnya telah diambil alih Bareskrim.
 
"Pertimbangannya tahanan di Polda Metro Jaya terlalu padat, sekaligus untuk memudahkan penyidik Bareskrim dalam pemberkasan kasusnya," ujar Andi.
 
[Cek Fakta] Raja Salman Jemput Paksa Habib Rizieq dari Penjara? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim Raja Arab Saudi Salman Bin Abdul Aziz menjemput paksa Habib Rizieq dari dalam penjara adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi terkait hal itu.
 
Informasi ini jenis hoaks false connection (koneksi yang salah). Ciri paling gamblang dalam mengamati konten jenis ini adalah ditemukannya judul yang berbeda dengan isi berita. Konten jenis ini biasanya diunggah demi memperoleh keuntungan berupa profit atau publikasi berlebih dari konten sensasional.
[Cek Fakta] Raja Salman Jemput Paksa Habib Rizieq dari Penjara? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://www.medcom.id/nasional/hukum/PNgY9M8k-sidang-pemeriksaan-saksi-kasus-rizieq-tak-disiarkan-langsung
2.https://www.medcom.id/nasional/hukum/nbwlPV5k-rizieq-shihab-dipindah-ke-rutan-bareskrim-polri
3.https://www.youtube.com/watch?v=tbtiKXa8QYE
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif