Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial

[Rekap Hoaks]

[Cek Fakta] Awas Hoaks, Ini Daftar Hoaks Seputar Mudik Lebaran 2022

Medcom Files hoax Cek Fakta kabar hoaks Mudik 2022
Wanda Indana • 30 April 2022 17:49
Tahun ini Pemerintah telah memperbolehkan masyarakat mudik untuk merayakan lebaran di kampung halaman. Namun, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah mewanti-wanti agar pemudik untuk bijaksana menggunakan internet dalam perjalanan.
 
Terlebih, diperkirakan bahwa pada musim mudik konsumsi data akan meningkat drastis. Pun, penyebaran berita hoaks seputar mudik diprediksi semakin tinggi.
 
Tim Cek Fakta Medcom.id telah merangkum kabar hoaks seputar mudik lebaran 2022. Mulai dari video hoaks kemacetan mudik di jalan tol hingga hoaks Jokowi syaratkan mudik harus lunas cicilan KPR.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Berikut daftar hoaks terkait mudik lebaran 2022:
1. Video Kemacetan Arus Mudik Lebaran 2022 di Jalan Tol
Viral sebuah video yang memperlihatkan kemacetan panjang kendaraan di sebuah jalan tol. Video itu dipersepsikan sebagai arus mudik Lebaran 2022.
 
Video itu beredar di sejumlah platform media sosial. Kanal YouTube yanzar 31 ikut membagikan video tersebut pada Senin, 25 April 2022.
"Jalan tol macet panjang" judul pada video yang beredar.
 
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperlihatkan kemacetan panjang arus mudik Lebaran 2022 di sebuah jalan tol adalah salah. Faktanya, video ini sudah diklarifikasi pihak Jasa Marga. Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru Santoso menjelaskan kejadian pada video yang beredar diambil di jalan tol Jagorawi Km 34 arah Jakarta pada 27 Maret 2022 (sebelum bulan Ramadan).
 

2. Jokowi Sebut Syarat Mudik Harus Bayar Angsuran KPR BTN April 2022
Beredar tangkapan layar yang memperlihatkan artikel daring yang judulnya menarasikan Presiden Joko Widodo mempersilakan mayarakat mudik asal sudah membayar cicilan KPR BTN bulan April 2022. Tangkapan layar ini beredar di sejumlah media sosial dan pesan berantai.
 
Dari hasil penelusuran, klaim pada tangkapan layar yang beredar bahwa Presien Jokowi mempersilakan mayarakat mudik asal sudah membayar cicilan KPR BTN bulan April 2022 adalah salah. Faktanya, judul telah edit dan informasi ini juga sudah dibantah pihak BTN.
 
Pada 23 April 2022, Bank Tabungan Negara (BTN) melalui akun Instagram resminya telah membuat bantahan terkait unggahan yang beredar.
 
Berikut isi bantahannya:
 
"Beredar seruan dan ajakan dari Presiden Joko Widodo di aplikasi Presiden Joko Widodo di aplikasi chatting yang menampilkan gambar 'Berita" di salah satu portal media nasional yang berjudul "Jokowi Persilahkan Masyarakat Mudik Lebaran Syaratnya Harus Sudah Bayar Angsuran KPR BTN nya bulan April 2022".
 

3. Tol Langit Dijadikan Bahan Ledekan di Musim Mudik
Tol langit kembali menjadi bahan perbincangan sejumlah warganet di musim mudik lebaran 2022. Perbincangan itu tampak di media sosial. Adalah akun facebook Pairel Alexsi yang turut mengunggah narasi tersebut, 24 April 2022.
 
Namun faktanya, jika tol langit dibayangkan sama persis dengan jalan tol pada umumnya yang bisa dilalui kendaraan untuk melintas atau perpindahan orang dan barang seperti mudik dan lain-lain, adalah salah. Faktanya, tol langit merupakan istilah pemerintah dalam mewujudkan pemerataan sinyal atau akses internet bebas hambatan di seluruh Indonesia tanpa terkecuali.
 
"Kita punya 214 ribu jumlah sekolah di seluruh Indonesia, tapi 8 ribu sampai 10 ribu sekolah yang belum terhubung dengan internet, juga ada madrasah dan pesantren, puskesmas dan fasilitas lainnya juga banyak yang belum terakses internet, inilah yang akan kita bangun ke depannya," kata Rudiantara, saat menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo)seperti dimuat situs Kominfo, 21 Februari 2019
 

4.Menag Yaqut Sebut Lebaran 2022 Diundur
Beredar sebuah gambar hasil tangkapan layar yang memperlihatkan artikel berita daring yang judulnya menarasikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengundurkan Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriyah. Tangkapan layar itu beredar di media sosial.
 
Akun Facebook Sheny ikut membagikan tangkapan layar itu pada Sabtu, 23 April 2022. Pada tangkapan layar terliahat artikel tersebut diunggah pada tanggal 21 April 2022.
 
Namun, dari hasil penelusuran, klaim pada tangkapan layar yang beredar bahwa Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengundurkan Hari Raya Idulfitri 2022 adalah salah. Faktanya, judul artikel pada gambar tangkapan layar tersebut telah diedit.
 
Artikel itu berasal dari liputan6.com dengan judul asli "Menag Minta Pegawai Tahan Ambil Cuti Demi Percepatan Persiapan Keberangkatan Jemaah Haji". Ini dapat dilihat dari foto sampul artikel yang identik.
 
Pula, redaksi Liputan6.com sudah memberikan bantahan bahwa pihaknya tidak pernah menayangkan judul artikel seperti pada gambar tangkapan yang beredar. Gambar tangkapan layar tersebut adalah hasil rekayasa digital.
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 
Kami saat ini mengadakan survei/kuesionerbertujuan memahami perilaku dan preferensi audiens terkait konten cek fakta dari media/pers di Indonesia. Anda bisa mengisi survei melalui tautan link di bawah ini. Data Anda akan dijamin kerahasiaannya dan hanya akan digunakan guna keperluan penelitian.
 
Link survei:https://tinyurl.com/survei-audiens-cekfakta

 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif