Tangkapan layar klarifikasi pihak universitas brawijaya. Foto: Twitter
Tangkapan layar klarifikasi pihak universitas brawijaya. Foto: Twitter

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Universitas Brawijaya Beri Kompensasi Uang Kuliah bagi Mahasiswa yang Melakukan Gerakan #dirumahaja? Hoaks

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 30 Maret 2020 17:33
Beredar informasi bahwa mahasiswa Universitas Brawijaya yang melakukan gerakan #dirumahaja atau stay at home untuk mencegah penyebaran covid-19 akan menerima kompensasi uang kuliah. Informasi itu berasal dari foto tangkapan layar (screenshot) status WhatsApp.
 
Berikut narasi yang terdapat pada foto tersebut:
 
"PENGUMUMAN

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Mulai besok, Juma'at 27 Maret 2020, Semua mahasiswa Universitas brawijaya, berhak menerima kompensasi uang kuliah di KEMBALIKAN sebagai tunjangan untuk tinggal di rumah dalam rangka menghindari penyebaran COVID-19, Coronavirus. Segera daftarkan NIM dan jurusan anda dan isi formulir dalam site di bawah ini :
"
 

[Cek Fakta] Universitas Brawijaya Beri Kompensasi Uang Kuliah bagi Mahasiswa yang Melakukan Gerakan #dirumahaja? Hoaks
 

Penelusuran:
Dari penelusuran, klaim bahwa pihak Universitas Brawijaya akan memberikan kompensasi uang kuliah karena melakukan gerakan stay at home untuk menghindari penularan virus korona adalah salah. Pihak kampus telah memberikan klarifikasi.
 
Disitat dari akun Twitter resmi Universitas Brawijaya @UB_Official, menjelaskan bahwa pihak Universitas tidak pernah mengeluarkan pengumuman terkait pemberian kompensasi.
 
"Hai, #TemanUB. Tadi mimin dikirimkan ini nih. #KampusUB tidak pernah membuat pengumuman seperti ini. Berhati-hati dalam mengisi data ya. Waspada penipuan," kicau @UB_Official, 27 Maret 2020.
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa pihak Universitas Brawijaya akan memberikan kompensasi uang kuliah karena melakukan gerakan stay at home untuk menghindari penularan cirus korona adalah salah. Pihak kampus telah memberikan klarifikasi.
 

Referensi:
https://twitter.com/UB_Official/status/1243454043860504576/photo/1
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif