Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: WhatsApp
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: WhatsApp

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Dokumen Kemenkes Soal Ramuan Covid-19 Hoaks, Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 28 Januari 2021 18:44
Beredar sebuah surat edaran berisi obat tradisional untuk menyembuhkan covid-19. Disebutkan surat itu berasal dari Kementerian Kesehatan.
 
Surat edaran itu menyebar melalui pesan berantai WhatsApp berformat PDF (Portable Document Format). Medcom.id menerima aduan terkait dokumen tersebut pada Kamis, 28 Januari 2021. Dokumen itu berjudul:


"Ramuan Covid Kemenkes".


Benarkah Kemenkes mengeluarkan surat edaran terlkait ramuan obat tradional untuk pengobatan covid-19? Berikut cek faktanya
 

[Cek Fakta] Beredar Dokumen Kemenkes Soal Ramuan Covid-19 Hoaks, Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil pemeriksaan fakta, klaim bahwa Kemenkes mengeluarkan surat edaran terkait pemanfaatan ramuan obat tradional untuk pengobatan covid-19 adalah salah. Faktanya, nama dokumen tersebut telah diedit. Dokumen surat edaran tersebut adalah benar dari Kemenkes namun tidak secara khusus untuk pengobatan covid-19. Surat edaran itu berisi saran Kemenkes kepada masyarakat untuk memanfaatkan obat tradisional berupa jamu, obat herbal terstandar, dan fitofarmaka untuk memelihara kesehatan, pencegahan penyakit, dan perawatan kesehatan.
 
"Jadi surat dimodifikasi, nama filenya juga di-rename (diubah). Sehingga seolah-olah ini ramuan Covid dari Kemenkes," jelas sumber Medcom.id di Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes saat dikonfirmasi.
 
Surat Edaran tersebut bernomor HK.02.02/IV/2243/ 2020 tentang Pemanfaatan obat tradisional tersebut sebagai upaya memelihara kesehatan, pencegahan penyakit, dan perawatan kesehatan. Nama dokumen aslinya adalah: "SE Dirjen ttg Pemanfaatan Obat Tradisional", seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
 

[Cek Fakta] Beredar Dokumen Kemenkes Soal Ramuan Covid-19 Hoaks, Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Kemenkes mengeluarkan surat edaran terlkait ramuan obat tradional untuk pengobatan covid-19 adalah salah. Faktanya, nama dokumen tersebut telah diedit.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] Beredar Dokumen Kemenkes Soal Ramuan Covid-19 Hoaks, Ini Faktanya
 

Referensi:
Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes
https://www.kemkes.go.id/article/view/20052100005/kemenkes-sarankan-masyarakat-manfaatkan-obat-tradisional.html
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surelcekfakta@medcom.idatau WA/SMS ke nomor082113322016
 
Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari tim kami untuk kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini:
https://bit.ly/2H42ayb
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif