Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
Tangkapan layar informasi palsu di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] PDIP Usul Semua Pesantren di Indonesia Ditutup? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 21 Mei 2020 14:49
Beredar narasi bahwa PDI Perjuangan (PDIP) mengusulkan kepada pemerintah agar semua pesantren di Indonesia ditutup. Narasi ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook Andi Airlangga yang mengunggah tangkapan layar berisi narasi tersebut. Berikut narasi yang tampak pada tangkapan layar sebuah artikel:
 
"PDIP USUL KE PEMERINTAH AGAR PESANTREN DI TUTUP SELURUH INDONESIA."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Akun ini turut memberi komentar. Ia merasa miris dengan narasi tersebut. "Mirisss dikit demi sedikit Islam akan di singkirkan..," kata akun Andi Airlangga, Selasa 19 Mei 2020.
 
Unggahan ini ramai direspons warganet. Terdiri dari 237 emotikon, 131 komentar dan dibagikan sebanyak 681 kali.
 
[Cek Fakta] PDIP Usul Semua Pesantren di Indonesia Ditutup? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa PDI Perjuangan (PDIP) mengusulkan kepada pemerintah agar semua pesantren di Indonesia ditutup, adalah salah. Faktanya klaim ini merupakan kabar bohong lama, yang kembali muncul di tengah warganet.
 
Merujuk situs cek fakta Turnbackhoax.id, narasi yang pernah dimuat situs blogspot AndebaNews sempat ramai pada 2018. Kini situs itu sudah dihapus oleh penyedia layanan.
 
"Artikel di blog AndebaNews tersebut berasal dari blog ID Sumatera News. Namun, blog itu juga telah dihapus. Adapun dalam artikel di blog AndebaNews itu, tidak ditemukan satu pun pernyataan dari politikus PDIP yang mengusulkan kepada pemerintah untuk menutup seluruh pesantren di Indonesia," tulis Turnbackhoax.id dalam laporannya pada Minggu 22 Maret 2020.
 
Sementara itu, pengurus DPC PDIP Kabupaten Barito Selatan (Barsel) pernah melaporkan kasus yang sama ke Polres Barsel, Kalimantan Tengah. Mereka menilai narasi tersebut, murni kabar bohong alias hoaks.
 
"Ketua DPC PDIP Barsel Bapak Farid Yusran telah mengonfirmasi langsung kepada tokoh DPP PDIP terkait berita yang disebarkan tersebut. Namun tokoh nasional tersebut membantah dan tidak pernah mengatakan pernyataan tersebut," kata Ashadi Jaya Ketua BBHA DPC PDIP Barsel, seperti dilansir kbirayanews.com, Selasa 5 Februari 2019.
 

[Cek Fakta] PDIP Usul Semua Pesantren di Indonesia Ditutup? Ini Faktanya
 

Kala itu, pengurus DPC PDIP Barsel ini melaporkan akun facebook atas nama Akhmad Karsajaya. Akun ini diduga membuat postingan hoaks.
 
"Jangan menggunakan hoax dan fitnah, karena bisa memecah belah persatuan bangsa," tegas Ashadi.
 
Dilansir Kaltengeskpres.com, saat itu Kapolres Barsel AKBP Wahid Kurniawan mengaku menerima laporan dugaan penyebaran hoaks. Pihaknya juga berjanji menindaklanjuti laporan tersebut.
 
"Atas laporan tersebut, segera akan kita tindak lanjuti," kata Wahid seperti dilansir Kaltengekspres.com, Senin 4 Februari 2019.
 

[Cek Fakta] PDIP Usul Semua Pesantren di Indonesia Ditutup? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa PDI Perjuangan mengusulkan kepada pemerintah agar semua pesantren di Indonesia ditutup, adalah salah. Faktanya klaim ini merupakan kabar bohong lama yang kembali muncul di tengah warganet.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan).
Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

Referensi:
1.https://turnbackhoax.id/2020/03/22/salah-pdip-usul-ke-pemerintah-agar-pesantren-di-tutup-seluruh-indonesia/
2.https://kbirayanews.com/2019/02/05/dipolisikan-penyebar-hoax-di-barsel/
3.https://kaltengekspres.com/2019/02/pdip-barsel-polisikan-oknum-penyebar-hoax/
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id
 

 

(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif