Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Foto Ini Memperlihatkan Permukaan Matahari yang Dipublikasikan NASA? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 15 Februari 2021 12:15
Beredar sebuah foto yang diklaim memperlihatkan permukaan matahari. Disebutkan pula, foto itu berasal dari Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).
 
Akun Facebook Ulap Riego turut membagikan foto itu pada Sabtu, 6 Februari 2021. Pada unggahannya, akun itu juga menyertakan narasi bertuliskan sebagai berikut:

"The most clear artistic image of the sun's magnetic field."


Terjemahan:

"Gambar artistik paling jelas dari medan magnet matahari"


 
Benarkah foto yang beredar tersebut memperlihatkan permukaan matahari yang dipublikasikan NASA? Berikut cek faktanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Foto Ini Memperlihatkan Permukaan Matahari yang Dipublikasikan NASA? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, foto yang yang diklaim memperlihatkan permukaan matahari yang dipublikasikan NASA adalah salah. Faktanya, foto tersebut hasil suntingan atau telah diedit.
 
Dilansir AFP Pakistan melalui laporan berjudul "This is an edited photo of the Sun created by an independent photographer, not NASA" , disebutkan bahwa NASA tidak pernah mempublikasi foto seperti yang beredar tersebut.
 
"NASA mengatakan kepada AFP bahwa foto itu "bukan gambar NASA". tulis AFP dalam laporannya.
 
Menanggapi pertanyaan dari AFP, pimpinan komunikasi heliofisika NASA Karen C. Fox mengatakan dalam email pada 9 Februari 2021, bahwa foto itu "bukan gambar NASA."
 

[Cek Fakta] Foto Ini Memperlihatkan Permukaan Matahari yang Dipublikasikan NASA? Ini Faktanya
 

Pula, melalui reverse image ditemukan foto identik yang diunggah situs fineartamerica.com. Foto itu karya dari Jason Guenzel, seorang fotografer asal AS. Foto yang diunggah pada 16 Januari 2021 diberi judul "Magnetic Sun: A stylized rendition of a solar close-up. This image highlights the turbulent magnetic field on the visible surface of our star." atau setelah dialihbahasakan menjadi "Matahari Magnetik: Penampakan gaya matahari dari dekat. Gambar ini menyoroti medan magnet turbulen di permukaan bintang kita yang terlihat."
 
Merujuk kolom 'Tentang' di profil Guenzel, dia adalah seorang fotografer yang berbasis di Michigan, Amerika Serikat.
 
Guenzel juga mengunggah foto tersebut pada beberapa media sosialnya. Dia dengan jelas mengatakan dalam keterangan bahwa gambar itu adalah "gambar kromosfer matahari yang diproses dengan perangkat lunak", yaitu, lapisan gas di atas matahari.
 

[Cek Fakta] Foto Ini Memperlihatkan Permukaan Matahari yang Dipublikasikan NASA? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Foto yang yang diklaim memperlihatkan permukaan matahari yang dipublikasikan NASA adalah salah. Faktanya, foto tersebut hasil suntingan atau telah diedit.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

Referensi:
https://factcheck.afp.com/edited-photo-sun-created-independent-photographer-not-nasa?fbclid=IwAR1trGWLoBIwPQlaG-Yi6OxurhFt4cScJBWiZK_QL0KAIZwEeXgmGFlgepI
https://fineartamerica.com/featured/magnetic-sun-jason-guenzel.html
https://archive.md/lUjan
 

--------------------------
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel[email protected]atau WA/SMS ke nomor082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif