Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Kapal TNI Dikejar Kapal dan Helikopter Malaysia di Wilayah Sendiri? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 18 Juni 2021 18:41
Beredar sebuah video yang diklaim memperlihatkan pengusiran kapal TNI oleh helikopter Malaysia. Video itu beredar di media sosial.
 
Akun Facebook Buroq turut membagikan video berdurasi 6 menit 52 detik itu pada Selasa, 1 Juni 2021. Disebutkan, kapal TNI Indonesia dikejar oleh kapal dan helikopter dari Malaysia di wilayah perairan Indonesia.

"Heboh...
Kapal TNI AK INDONESIA dikejar oleh kapal dan helikopter MALAYSIA di wilayah sendiri." tulis akun itu.


 
[Cek Fakta] Kapal TNI Dikejar Kapal dan Helikopter Malaysia di Wilayah Sendiri? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim adanya video kapal TNI Indonesia dikejar oleh kapal dan helikopter dari Malaysia di wilayah perairan sendiri adalah salah. Faktanya, video tersebut memperlihatkan upaya penangkapan dua kapal asing yang diduga melakukan penangkapan ikan secara ilegal di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia. Tim Cek Fakta Medcom.id pernah memeriksa klaim yang sama, dapat dibaca di sini. Dari penelusuran kami, kapal dalam video itu bukan kapal TNI melainkan kapal patroli milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).
 
Video itu sebenarnya memperlihatkan peristiwa pada 3 April 2019 di Selat Malaka. Kapal patroli Maritim Malaysia yang mencoba mengintervensi penangkapan kapal yang diduga melakukan illegal fishing oleh pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).
 

[Cek Fakta] Kapal TNI Dikejar Kapal dan Helikopter Malaysia di Wilayah Sendiri? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim adanya video kapal TNI Indonesia dikejar oleh kapal dan helikopter dari Malaysia di wilayah perairan sendiri adalah salah. Faktanya, video tersebut memperlihatkan upaya penangkapan dua kapal asing yang diduga melakukan penangkapan ikan secara ilegal di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia.
 
Informasi ini jenis hoaksfalse context(konteks keliru).False contextadalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
1. https://www.youtube.com/watch?app=desktop&v=Ajp5b2fa68w
2. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/zNApMx3K-cek-fakta-video-pasukan-malaysia-kejar-kapal-tni-di-lautan-indonesia-ini-faktanya
3. https://archive.md/qZvXa
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel[email protected]atau WA/SMS ke nomor082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif