Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Pasien Covid-19 Mengamuk di RSUD Pamekasan? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 12 Mei 2020 13:00
Beredar video memperlihatkan seorang pasien virus Korona baru (covid-19) mengamuk di ruang isolasi. Diklaim, peristiwa di dalam video tersebut terjadi di RSUD Dr H Slamet Martodirdjo Pamekasan, Madura, Jawa Timur.
 
Akun Facebook Berita Indonesia membagikan video tersebut pada Kamis, 7 Mei 2020. Pemilik akun menyertakan keterangan pada video berdurasi 23 detik itu sebagai berikut:
 
"Seorang Pasien Dalam Pengawasan Covid-19 (PDP) Mengamuk di Pintu Rumah sakit Pamekasan Madura Diduga Bapak ini ingin Pulang saja ke rumah."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Pasien Covid-19 Mengamuk di RSUD Pamekasan? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video bahwa seorang pasien covid-19 mengamuk di RSUD Dr H Slamet Martodirdjo Pamekasan, Madura, Jawa Timur, adalah salah. Faktanya, peristiwa dalam video tersebut terjadi di Probolinggo.
 
Dilansir Detik.com, melalui artikel berjudul "Viral Kakek Berstatus PDP Ngamuk Tak Mau Dimasukkan Ruang Isolasi" mengunggah tangkapan layar dari video yang identik. Artikel itu menjelaskan bahwa ada seorang kakek berstatus PDP mengamuk dan memberontak saat hendak dievakuasi ke ruang isolasi RSUD Tongas Probolinggo. Peristiwa dalam video bukan di RSUD Dr H Slamet Martodirdjo Pamekasan.
 
Video berdurasi 23 detik itu memperlihatkan dua petugas medis yang mengenakan baju APD (Alat Pelindung Diri) berusaha mempertahankan pintu yang terus ditarik si kakek. Kuatnya tenaga kakek membuat petugas kewalahan dan membiarkan sang kakek keluar ruangan meski hanya mengenakan celana dalam. Si kakek terus saja mengomel menggunakan bahasa Madura Pedalungan khas Probolinggo.
 

[Cek Fakta] Pasien Covid-19 Mengamuk di RSUD Pamekasan? Ini Faktanya
 

Pula, dilansir TribunJatim.com, melalui artikel berjudul "Hoaks Viral Video PDP Corona Ngamuk di RSUD Pamekasan, Pihak RS Bantah: Bukan di Sini, Probolinggo" Ketua Penanggulangan Covid-19 RSUD Dr H Slamet Martodirdjo Pamekasan, dr Syaiful Hidayat menanggapi video viral PDP Korona mengamuk yang diduga terjadi di ruang isolasi RSUD Dr H Slamet Martodirdjo Pamekasan.
 
"Videonya itu memang benar PDP mengamuk, tapi bukan di Pamekasan. Kalau ada yang bilang di ruang isolasi RSUD sini, itu hoaks," kata Syaiful Hidayat kepada TribunJatim.com.
 
Selain itu, Syaiful Hidayat menjelaskan, di ruang isolasi RSUD Pamekasan warna cat ruangannya tidak seperti yang terekam di video viral tersebut.
 
"Pasien yang di dalam video itu kan orangnya berbahasa Madura, mungkin nyangkanya di sini, padahal tidak. Orang Madura itu kan ada di mana-mana dan di Probolinggo itu juga sebagian masyarakatnya berbahasa Madura. Jadi kami pastikan video itu bukan di sini," tutupnya
 

[Cek Fakta] Pasien Covid-19 Mengamuk di RSUD Pamekasan? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada video bahwa seorang pasien covid-19 mengamuk di RSUD Dr H Slamet Martodirdjo Pamekasan, Madura, Jawa Timur, adalah salah. Faktanya, peristiwa dalam video tersebut terjadi di Probolinggo.
 
Informasi tersebut masuk dalam aktegori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5006085/viral-kakek-berstatus-pdp-ngamuk-tak-mau-dimasukkan-ruang-isolasi
 
https://jatim.tribunnews.com/2020/05/09/hoaks-viral-video-pdp-corona-ngamuk-di-rsud-pamekasan-pihak-rs-bantah-bukan-di-sini-probolinggo?page=all
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id
 

 

(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif