Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Luhut Binsar Pandjaitan Dikabarkan Kabur ke Tiongkok? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 09 Oktober 2020 12:55
Beredar sebuah tangkapan layar cuitan twitter yang menyebutkan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandajitan (LBP) kabur ke Tiongkok menyikapi situasi terkini. Tangkapan layar itu beredar di media sosial facebook.
 
Akun Twitter atas nama @hani_titik membagikan cuitannya pada 8 Oktober 2020. Dalam unggahan cuitannya sebagai berikut.

"BREAKING NEWS*
 
Info valis dari org dlm Istana: LBP siap2 utk melarikan diri ke luar negeri, kemungkinan ke Cina
# diminta blokade semua pintu bandara n pelabuhan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Info GWA"


[Cek Fakta] Luhut Binsar Pandjaitan Dikabarkan Kabur ke Tiongkok? Ini Faktanya Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim Menko Kemaritiman dan Investasi kabur ke Tiongkok adalah salah. Faktanya, rencaan kepergian Luhut ke Tiongkok pertengahan bulan ini mewakili pemerintah untuk meninjau vaksin covid-19.
 
Dilansir dari Okezone.com, Tim dari pemerintah bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dijadwalkan berkunjung ke Tiongkok pada pertengahan Oktober 2020 untuk meninjau vaksin Covid-19. Adapun tim dari pemerintah terdiri dari Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto dan Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir.
 
Sedangkan dari MUI terdiri dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) dan Komisi Fatwa. Mereka akan mengecek keamanan dari segi kesehatan dan kehalalan vaksin Covid-19.
 

[Cek Fakta] Luhut Binsar Pandjaitan Dikabarkan Kabur ke Tiongkok? Ini Faktanya
 
Dilansir dari Sindonews.com, Kunjungan Luhut dan tim ini, dalam rangka memastikan keamanan vaksin. Luhut dan tim ingin memastikan vaksin tersebut dijamin aman dari segala hal untuk rakyat Indonesia.
 
Hal ini diungkapkan Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi. Pasalnya Luhut dan sejumlah pihak melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Jumat 2 Oktober 2020 lalu. Luhut melaporkan perkembangan terkait pengadaan vaksin.
 
Masduki menegaskan kunjungan Luhut dan tim, termasuk pihak MUI untuk memverifikasi lebih lanjut. Dari proses verifikasi itu akan diketahui hal-hal yang menjadi keraguan atau pertanyaan sebelumnya. Antara lain soal halal atau tidak.
 
Di sisi lain, pemerintah menargetkan vaksin covid-19 akan tersedia secara bertahap. Tahap pertama ditargetkan 36 juta vaksin pada kuartal IV-2020.
 

[Cek Fakta] Luhut Binsar Pandjaitan Dikabarkan Kabur ke Tiongkok? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim Menko Kemaritiman dan Investasi kabur ke Tiongkok adalah salah. Faktanya, rencaan kepergian Luhut ke Tiongkok pertengahan bulan ini mewakili pemerintah untuk meninjau vaksin covid-19.
 
Informasi ini jenis hoaks Misleading content (konten menyesatkan).Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Luhut Binsar Pandjaitan Dikabarkan Kabur ke Tiongkok? Ini Faktanya
 
Referensi:
1.https://archive.vn/VgTZg
2.https://nasional.okezone.com/berita/337-2287955/wakil-pemerintah-dan-mui-akan-bertolak-ke-china-cek-keamanan-kehalalan-vaksin-covid-19
3.https://nasional.sindonews.com/read/184822/15/luhut-terawan-hingga-mui-segera-ke-china-urus-vaksin-covid-19-1601727036
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016 follow instagram @cekfaktamedcom
 

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif