Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial (Twitter).
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial (Twitter).

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] Beredar Video Detik-Detik Jatuhnya Helikopter yang Menewaskan Pebasket Kobe Bryant? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 27 Januari 2020 09:06
Beredar sebuah video kecelakaan helikopter yang ikut menewaskan pebasket dunia Kobe Bryant. Video itu disebarkan akun Twitter @SevilCandan7 pada Senin 27 Januari 2020.
 
"Moment of accident," tulis dia di kolom komentar status Twitter terakhir Kobe Bryant, @kobebryant. Akun @SevilCandan7 juga mengunggah video dari youtube. Video itu berjudul "Kobe Bryant Helikopter Kaza Ani".
 

[Cek Fakta] Beredar Video Detik-Detik Jatuhnya Helikopter yang Menewaskan Pebasket Kobe Bryant? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Beredar Video Detik-Detik Jatuhnya Helikopter yang Menewaskan Pebasket Kobe Bryant? Ini Faktanya
 
Penelusuran:
Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, video yang diklaim detik-detik kecelakaan helikopter yang menewaskan pebasket dunia Kobe Bryant tidak relevan. Bahwa benar Kobe Bryant meninggal dalam kecelakaan helikopter pada Minggu 26 Januari 2020 waktu AS, namun video yang disebar akun @SevilCandan7 adalah video lama, tidak ada hubungannya dengan klaim.
 
Seperti dilansir gulfnews.com pada 30 Desember 2018, video itu merupakan detik-detik kecelakaan di Dubai, Uni Emirat Arab. Berikut terjemahannya:
 
Ras Al Khaimah: Pusat Pencarian dan Penyelamatan Nasional telah mengumumkan nama-nama awak beranggotakan empat orang yang meninggal saat melakukan tugas mereka di atas helikopter penyelamat Agusta 139 yang jatuh di sebelah Gunung Jais di Ras Al Khaimah sebelumnya pada hari Sabtu.
 
Namanya adalah:
Pilot: Saqr Saeed Mohamed Abdullah AlYamahi
Pilot: Hameed Mohamed Obaid AlZa'abi
Navigator: Jasim Abdullah Ali Tunaiji
First Aid Man: Mark Roxburgh
 
Helikopter penyelamat jatuh di gunung Jebel Jais di Ras Al Khaimah, menewaskan empat anggota awak pada hari Sabtu.
 
Peristiwa itu terjadi ketika helikopter memotong zipline di gunung, puncak tertinggi UEA. Korban tewas termasuk tiga warga Emirat dan seorang warga asing.
 
Anggota Dewan Tertinggi Ras Al Khaimah, Shaikh Saud Bin Saqr Al Qasimi, telah memerintahkan penyelidikan terhadap jatuhnya helikopter, yang dioperasikan oleh Pusat Pencarian dan Penyelamatan Nasional.
 
Shaikh Saud juga memerintahkan penyelidikan komprehensif terhadap persyaratan keamanan dan keselamatan yang diikuti di lokasi kejadian untuk menentukan penyebabnya.
 
Seorang pejabat tinggi mengatakan: "Kecelakaan itu terjadi pada pukul 17:50 pada hari Sabtu dan helikopter itu dalam misi untuk mengangkut seorang pria yang terluka dari Jebel Jais. Helikopter jatuh sebelum mencapai pria itu. "
 
Dia mengatakan helikopter itu jatuh setelah menabrak kabel garis zip.
 
Otoritas Penerbangan Sipil Umum (GCAA) telah mengumumkan kecelakaan itu, mengidentifikasi helikopter itu sebagai helikopter Agusta 139. Dikatakan insiden itu terjadi selama misi penyelamatan di sebelah Gunung Jais di Ras Al Khaimah.
 
GCAA menyatakan kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 5.50 sore pada hari Sabtu. Operasi pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung.
 
Haitham Mattar, Kepala Eksekutif, Ras Al Khaimah Otoritas Pengembangan Pariwisata, mengatakan: "Kami mengetahui kecelakaan helikopter di Gunung Jebel Jais dan dapat meyakinkan semua orang bahwa tidak ada cedera pada masyarakat di Jebel Jais, tim kami atau fasilitasnya di atas gunung. Kami menunggu detail lebih lanjut sambil menunggu hasil investigasi yang diperintahkan oleh Yang Mulia Penguasa Ras Al Khaimah. "
 
Seorang pejabat di rumah sakit Saqr mengatakan kepada Gulf News bahwa mereka menerima satu orang yang terluka, seorang India, yang menderita luka-luka ketika dia berada di Jebel Jais.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Detik-Detik Jatuhnya Helikopter yang Menewaskan Pebasket Kobe Bryant? Ini Faktanya

 

Kesimpulan:
Klaim pada video yang memperlihatkan detik-detik jatuhnya helikopter yang menewaskan pebasket Kobe Bryant adalah salah. Faktanya, video tersebut terkait dengan jatuhnya helikopter saat melakukan misi penyelamatan di Uni Emirat Arab.
 

Referensi:
https://gulfnews.com/uae/video-four-dead-in-rak-helicopter-crash-1.1546097394182
 

Sumber:
https://twitter.com/SevilCandan7/status/1221546205538390018?s=20
 


 

(WAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif