Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial
Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial

[Cek Fakta] Penampakan Gadis Bertubuh Ular Gemparkan Thailand? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 15 Januari 2020 20:16
Beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan seorang anak kecil perempuan bertubuh ular. Disebutkan, anak kecil bernama Mai Li Fay, berasal dari Thailand, mengalami penyakit langkah bernama 'Serpentosis Malianorcis'
 
Akun Facebook Noraseman Petrozza ikut menyebarkan foto tersebut pada Rabu, 08 Januari 2019. Terlihat pada foto narasi bertuliskan:
 
"Gadis berusia 8 tahun, Mai Li Fay, dari Bangkok, adalah jauh dari kehidupan yang biasa seorang gadis sebayanya".

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Foto anak kecil bertubuh ular itu, berasal dari artikel daring di situs helloworld-ntjsvr6uq-an.a.run.app. Berikut secara lengkap narasi artikel tersebut:
 
"Gadis berusia 8 tahun, Mai Li Fay, dari Bangkok, adalah jauh dari kehidupan yang biasa seorang gadis sebayanya.
 
Setiap hari, beribu-ribu orang datang berkunjung dan berkumpul di depan rumah keluarganya untuk mengambil peluang melihat dan menyentuh gadis itu, yang dianggap oleh penganut buddha dan hindu sebagai boleh memberikan nasib baik.
 
Menurut pakar perubatan terkemuka Thailand, Dr Ping Lao, gadis muda itu mengalami sindrom yang jarang berlaku dikenali sebagai Malianorcis Serpentosis atau penyakit Jing Jing, yang menjadikan badan lebih rendah, berbentuk reptilia yang berbeza dari manusia biasa.
 
Hanya segelintir kes-kes seumpamanya telah direkodkan sepanjang sejarah, jadi pengetahuan saintifik terkumpul berkaitan kes seumpama itu agak terhad dan tidak ada penyelesaian perubatan sehingga waktu ini.
 
Keluarga menerima keadaan Mai Li dengan perasaan bercampur, kesedihan dan kegembiraan.
 
Sedih dengan keadaan Mai Li, tapi gembira kerana sebagai keluarga miskin, kehadiran tetamu yang tidak berkesudahan (pelancong dan tetamu agama) telah menjadikan keluarga miskin ini beroleh pendapatan yang besar dan meningkatkan taraf hidup mereka."
.
 

[Cek Fakta] Penampakan Gadis Bertubuh Ular Gemparkan Thailand? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Setelah ditelusuri oleh tim cek fakta, gadis bertubuh ular tersebut adalah klaim yang salah. Foto gadis bertubuh ular pernah muncul dan viral tahun 2014. Kini, foto tersebut kembali beredar di media sosial.
 
Merujuk situs pemeriksa fakta Hoax Slayer, telah mengklarifikasi bahwa isu tersebut adalah gambar palsu hasil manipulasi digital melalui artikel berjudul "'Thailand Snake Girl’ – Serpentosis Malianorcis". Pula, tak ada penyakit yang bernama 'Serpentosis Malianorcis'
 
"Jika gadis itu benar adanya, pasti media arus utama dari seluruh dunia akan melaporkan kasusnya secara luas dan tak henti-hentinya," demikian dikutip dari hoax-slayer.net.
 
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia juga telah membantah kisah gadis ular asal Thailand dalam artikel berjudul "[HOAKS] Gadis Ular dari Thailand" dimuat pada 16 Juni 2019.
 

[Cek Fakta] Penampakan Gadis Bertubuh Ular Gemparkan Thailand? Ini Faktanya
 

[Cek Fakta] Penampakan Gadis Bertubuh Ular Gemparkan Thailand? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada foto yang memperlihatkan seorang anak perempuan yang memiliki tubuh setengah ular adalah salah. Foto tersebut adalah bentuk informasi hoaks kategori Manipulated Content (konten manipulasi). Manipulated content biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 

Referensi:
https://www.hoax-slayer.net/fake-picture-thailand-snake-girl-serpentosis-malianorcis/https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4152620/cek-fakta-gadis-bertubuh-ular-gemparkan-thailand-faktanya
 

Sumber:
https://www.facebook.com/photo.php?fbid=621614968611284&set=a.116448332461286&type=3&theater
https://helloworld-ntjsvrx6uq-an.a.run.app/aHR0cCUzQSUyRiUy
 

 

(WAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif