Foto tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial
Foto tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial

Fakta atau Hoaks

[Cek Fakta] Siapa Sebenarnya Nama Asli Kapitan Pattimura? Simak Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 05 Juli 2022 16:16
Beredar sebuah narasi bahwa terjadi pembelokan sejarah terkait nama asli Kapitan Pattimura. Narasi ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun twitter @yaniarsim yang turut mengunggah video dan narasi tersebut, 3 Juli 2022. Berikut narasinya:


"Islamphobia ternyata sudah ada sejak jaman penjajahan.
Membelokkan sejarah seorang pejuang muslim Ahmad Lussy dg nama Thomas Matulesy...."


Akun itu juga mengunggah video memperlihatkan penceramah kondang Ustaz Adi Hidayat. Pada video itu, Adi menyatakan nama asli Kapitan Pattimura adalah Ahmad Lussy.
 
"Di uang Rp1000 itu ada satu gambar. Namanya siapa? Kapitan Pattimura. Siapa nama aslinya? Thomas Matulessy. Tuh, banyangkan. Ahmad Lussy. Lihat baik-baik. Banyak orang menyebut Thomas Matulessy. Kami berusaha mencari. Lihat. Tanya pakar sejarah dikumpulkan. Allahu Akbar. Ternyata nama asli Kapitan Pattimura itu bukan Thomas, tapi Ahmad…," kata Adi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Siapa Sebenarnya Nama Asli Kapitan Pattimura? Simak Faktanya Benarkah demikian?
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa Ahmad Lussy merupakan nama asli Kapitan Pattimura, tidak berdasar. Faktanya, dalam sejarah yang tercantum dalam situs resmi, nama Pattimura bukan Ahmad.
 
Hal itu seperti dilihat dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada situs itu dimuat penjelasan singkat mengenai profil Kapitan Pattimura.
 
"Thomas Matulessy juga dikenal dengan nama Kapitan Pattimura atau Pattimura adalah Pahlawan nasional Indonesia dari Maluku. Pattimura lahir di Haria, Saparua, Maluku Tengah pada 8 Juni 1783 dari keluarga Matulessy. Ayahnya bernama Frans Matulessy dan ibunya bernama Fransina Silahoi. Sebelum melakukan perlawanan terhadap VOC ia pernah berkarir dalam militer sebagai mantan sersan Militer Inggris. Namanya kemudian dikenal karena memimpin perlawanan rakyat Maluku melawan Belanda melalui perang Pattimura," demikian seperti tertulis dalam situs yang dimuat pada 10 Agustus 2021.
 

[Cek Fakta] Siapa Sebenarnya Nama Asli Kapitan Pattimura? Simak Faktanya

 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Ahmad Lussy merupakan nama asli Kapitan Pattimura, tidak berdasar. Faktanya, dalam sejarah yang tercantum dalam situs resmi, nama Pattimura bukan Ahmad.
 

Referensi:
https://ditsmp.kemdikbud.go.id/perjuangan-pattimura-dan-rakyat-maluku-mengusir-penjajah/
https://archive.ph/N2xcC
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif