Tangkapan layar informasi di media sosial
Tangkapan layar informasi di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Video Penampakan Kuntilanak di Rumah Sakit Covid-19 Pulau Galang Batam? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 06 Mei 2020 08:41
Beredar sebuah video memperlihatkan makhluk halus yang disebut kuntilanak tertangkap kamera di Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19, Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. Kuntilanak itu muncul di dalam salah satu ruang perawatan yang berisi satu pasien.
 
Adalah channel Youtube valentjr 87 yang mengunggah video berjudul "PENAMPAKAN KUNTILANAK DI RUMAH SAKIT GALANG,BATAM" pada Jumat 1 Mei 2020. Disebutkan dalam keterangannya, video diambil dari salah satu CCTV RS Galang, Batam.
 
Berikut narasi selengkapnya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"Selamat menonton video ini,video ini diambil dari salah satu cctv yang ada dirumah sakit galang batam, dimana rumah sakit ini dibuat pihak pemerintah batam untuk mengisolasi atau mnyembuhkan saudra2 kita yg terinfeksi covid-19. Semoga covid-19 segera lenyap dari batam dan indonesia..jangan lupa dirumah aja jgan lupa keluar rumah pake masker.
 
Subscribe dan like channel ini agar bisa memberikan info dan hiburan bt kalian semua,terima kasih...
 
#dirumahaja#pakemasker#lawancovid-19."
 

[Cek Fakta] Video Penampakan Kuntilanak di Rumah Sakit Covid-19 Pulau Galang Batam? Ini Faktanya

 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa video memperlihatkan kuntilanak tertangkap kamera di Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19, Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, adalah salah. Faktanya penampakan yang disebut kuntilanak itu sebenarnya serangga yang lewat di permukaan lensa kamera.
 

[Cek Fakta] Video Penampakan Kuntilanak di Rumah Sakit Covid-19 Pulau Galang Batam? Ini Faktanya
 

Batamnews.co.id seperti dilansir Liputan6.com, menganalisis video tersebut. Hasilnya, penampakan yang semula diduga hantu tersebut adalah sebuah serangga sejenis lalat yang tengah berjalan di permukaan kamera CCTV.
 
Selain itu, Kepala RS Khusus Covid-19, Galang Kol (CKM) Dr. dr. Khairul Ihsan Nasution membantah video itu memperlihatkan suasana di dalam salah satu ruangan di RS Pulau Galang khusus Covid-19. Pasalnya di dalam video tertulis tanggal 4 Januari 2020 atau 1 April 2020.
 

[Cek Fakta] Video Penampakan Kuntilanak di Rumah Sakit Covid-19 Pulau Galang Batam? Ini Faktanya
 

"Sedangkan RS Galang baru beroperasi pada awal April lalu. RS Galang diresmikan Presiden Joko Widodo pada tanggal 5 April 2020 lalu," tulis Liputan6.com dalam laporannya pada Senin 4 Mei 2020.
 
Dilansir Medcom.id, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kesiapan RS tersebut pada Rabu 1 April 2020. Kala itu, Jokowi mengakui seharusnya RS darurat ini rampung pada 28 Maret.
 
Sementara itu, dilansir Detik.com, RS mulai terisi setelah dua pekan diresmikan Jokowi. Di antaranya pada 13 April, sebanyak 39 pasien yang merupakan anak buah kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Kelud. Kemudian pada 17 April 2020, jumlah pasien bertambah satu sehingga menjadi 40 orang.
 
"Berdasarkan komunikasi kami dengan dokter kepala bahwa 40 ABK tersebut ditempatkan di observasi 50 beds (Observasi B)," kata Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis Hidayat Sumadilaga seperti dilansir Detik.com, Sabtu 18 April 2020.
 

[Cek Fakta] Video Penampakan Kuntilanak di Rumah Sakit Covid-19 Pulau Galang Batam? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa video memperlihatkan kuntilanak tertangkap kamera di Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19, Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, adalah salah. Faktanya penampakan yang disebut kuntilanak itu sebenarnya serangga yang lewat di permukaan lensa kamera.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
1.https://www.kominfo.go.id/content/detail/26308/disinformasi-penampakan-hantu-terekam-cctv-di-rs-covid-19-pulau-galang/0/laporan_isu_hoaks
2.https://www.liputan6.com/regional/read/4243758/hoaks-penampakan-hantu-terekam-cctv-di-rs-covid-19-pulau-galang
3.https://www.medcom.id/foto/news/8KyX7e6k-jokowi-rs-darurat-korona-pulau-galang-bisa-beroperasi-senin-depan
4.https://news.detik.com/berita/d-4981711/2-pekan-usai-diresmikan-jokowi-pulau-galang-mulai-terisi
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id
 


 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif