Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
Tangkapan layar informasi palsu di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Foto Jokowi tidak Dipajang di SMKN 12 Jakarta Utara? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 08 Mei 2020 10:01
Beredar foto memperlihatkan salah satu ruang kelas di SMKN 12 Jakarta Utara tidak memajang foto Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto itu beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook Lieching Shue yang mengunggah foto tersebut pada Kamis 7 Mei 2020. Ia meminta agar kepala sekolah setempat dihukum.
 

[Cek Fakta] Foto Jokowi tidak Dipajang di SMKN 12 Jakarta Utara? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Berikut narasi lengkapnya: "Kadrun binti kadal gurun tak memasang foto Presiden Jokowi?
Ini SMK Negeri druuuuun !
Bukan SMK punya Nenek Loe druuuun !
@SMKN 12 Jakut,
USUT & TINDAK ! ! !
Kalau perlu buang Kepseknya ke Xinjiang..????????????
Ada yang tau gak gimana caranya laporin skolahan ini.??
#Kemendikbud #Viralkan."

 
Unggahan ini ramai direspons warganet. Terdiri dari 136 emotikon, 91 komentar dan telah dibagikan sebanyak 101 kali. Berikut sejumlah komentar warganet:
 
"Orang berpendidikan aja begitu, kepsek kaya gitu, orang pinter ga bisa menyembunyikan ke tidak suka annya, trus yg patut di contoh dari seorang pemimpin sprti itu apanya, klo cakep si mending!!!!!!!!," kata akun Susilowati.
 
"Lah dikelas saya pun gaada foto2 kyk gitu, banyak kelas disekolah negeri yg gapasang foto2 itu. Udah gaaneh," kata akun Isman Budiman.
 
"Lho, mau gaji tp ga mau ngakui presiden. Piye to?," kata akun Ryan Wildan.
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, bahwa benar foto Presiden Jokowi sempat tidak dipajang di salah satu ruang kelas SMKN 12 Jakarta Utara. Namun hal tersebut bukan sesuatu yang disengaja oleh pihak sekolah.
 
Kami dari tim Cek Fakta Medcom.id, sudah mengulas foto ini melalui artikel berjudul "[Cek Fakta] SMK 12 Jakarta tak Pajang Foto Presiden Jokowi? Ini Faktanya". Artikel itu diterbitkan pada Rabu 8 Januari 2020.
 
Pihak sekolah telah memberikan klarifikasi terkait isu tersebut pada . Seperti dilansir Kumparan.com melalui artikel berjudul "Alasan SMKN 12 Jakarta Tak Pasang Foto Presiden Jokowi" yang dimuat pada 27 Desember 2019.
 
Berikut empat poin klarifikasinya:
 
1. Sebelumnya, foto presiden, wakil presiden, dan garuda pancasila sudah terpasang dengan baik.
 
2. Ketika ada renovasi lab OKTP bingkai foto Presiden Jokowi kacanya pecah terkena material. Tetapi pada saat itu tidak ada cadangan bingkai dengan ukuran yang sama. Sehingga untuk sementara foto presiden diturunkan terlebih dahulu.
 
3. Belum sempat mengganti dengan yang baru, ruangan tersebut sudah digunakan untuk kegiatan UKG.
 
4. Pada saat ini kondisi ruangan tersebut sudah lengkap dengan atribut kenegaraan (berupa foto presiden, wakil presden dan lambang garuda pancasila).

 

[Cek Fakta] Foto Jokowi tidak Dipajang di SMKN 12 Jakarta Utara? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa pihak SMKN 12 Jakarta Utara dengan sengaja tidak memajang foto Presiden Jokowi adalah salah. Faktanya saat foto suasana kelas itu diambil, foto bergambar Presiden Jokowi sedang rusak dan belum sempat diganti.
 
Informasi hoaks tersebut masuk dalam kategori false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
1.https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/VNnQpVOK-cek-fakta-smk-12-jakarta-tak-pajang-foto-presiden-jokowi-ini-faktanya
2.https://kumparan.com/kumparannews/alasan-smkn-12-jakarta-tak-pasang-foto-presiden-jokowi-1sWlrb0XsSB
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id

 

 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif