Tangkapan layar informasi di media sosial
Tangkapan layar informasi di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Pemerintah Tiongkok akan Kirim 250 Juta Tentara Merah ke Indonesia? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 29 Mei 2020 17:46
Beredar isu bahwa Pemerintah Tiongkok akan mengirim sebanyak 250 tentara merah ke Indonesia. Isu ini tampak pada tangkapan layar yang beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook SSyang mengunggah tangkapan layar tersebut dari laman IDTODAY.CO berjudul "Pemerintah China akan kirim 250 juta tentara Merah ke Indonesia". Akun itu menilai tangkapan layar tersebut adalah hoaks.
 
"ADA HOAX YG DIBUAT OPOSISI DI GRUP SEBELAH.
SEANDAINYA BENAR, CHINA KIRIM TENTARA SEBANYAK PENDUDUK INDONESIA, TENTU KITA HABISLAH..GAK MIKIR!,"
tulis akun SS, Jumat 29 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Unggahan ini ramai direspons warganet. Terdiri dari 44 emotikon, 280 komentar dan 47 kali dibagikan.
[Cek Fakta] Pemerintah Tiongkok akan Kirim 250 Juta Tentara Merah ke Indonesia? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa Pemerintah Tiongkok akan mengirim sebanyak 250 tentara merah ke Indonesia, adalah salah. Faktanya, tidak ditemukan informasi valid mengenai hal tersebut.
 
Justru yang kami temukan bahwa judul artikel itu merupakan editan. Dari laman IDTODAY.CO, artikel dengan foto identik, berjudul "Peringatan Keras Xi Jinping pada Dunia, China Siap Perang!". Foto artikel itu, memperlihatkan gambar Presiden Tiongkok, Xi Jinping.
 
Di dalam artikel itu dijelaskan kegeraman Xi Jinping terhadap tuduhan yang dialamatkan kepada negaranya. Xi merasa negaranya dituduh sebagai dalam pandemi covid-19.
 
"Peningkatan kekuatan militer dipilih pria yang juga menjabat Sekjen Partai Komunis China itu." tulis IDTODAY.CO dalam laporannya yang mengutip Viva.co.id pada Rabu 27 Mei 2020.
 

[Cek Fakta] Pemerintah Tiongkok akan Kirim 250 Juta Tentara Merah ke Indonesia? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Pemerintah Tiongkok akan mengirim sebanyak 250 tentara merah ke Indonesia, adalah salah. Faktanya, tidak ditemukan informasi valid mengenai hal tersebut.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan)
Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

Referensi:
https://idtoday.co/internasional/peringatan-keras-xi-jinping-pada-dunia-china-siap-perang/
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id
 

 

(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif