Tangkapan layar video hoaks penyegelan ruang komisaris PT Pertamina/Medcom.id
Tangkapan layar video hoaks penyegelan ruang komisaris PT Pertamina/Medcom.id

[Hoaks atau Fakta] Penyegelan Ruang Komisaris Pertamina Terkait Penolakan Terhadap Ahok?

Medcom Files Cek Fakta
Sobih AW Adnan • 22 November 2019 16:01
Tersebar video penyegelan beberapa ruang pejabat komisaris PT Pertamina (Persero) oleh Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB).
 
Dalam video berdurasi 2.45 menit itu, laman penggemar Facebook 2019 Ganti Presiden membubuhkan narasi penyegelan ruang Komisaris Utama Tanri Abeng, Wakil Komisaris Utama Archandra Tahar, dan Komisaris Edwin Hidayat Abdullah berhubungan dengan rumor pengangkatan Basuki Tjahaja Purnama atau karib disapa Ahok sebagai Direktur Utama PT Pertamina.
 
Ruangan kantor Komisaris Utama Pertamina, Disegel Serikat Pekerja Pertamina yg menolak AHOK

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
[Hoaks atau Fakta] Penyegelan Ruang Komisaris Pertamina Terkait Penolakan Terhadap Ahok?

Hingga tangkapan layar ini dibuat, video tersebut telah ditonton sebanyak 65.000 kali dan mendapatkan 5.700 reaksi, 989 komentar, serta 1.700 kali dibagikan ulang.
 
Penelusuran:
Setelah dilakukan penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, peristiwa penyegelan tiga pejabat komisaris PT Pertamina dalam video yang diunggah pada 21 November 2019 tersebut terjadi pada 1 Maret 2017.
 
Mengutip Detik.com dalam berita berjudul "Ini Alasan Pekerja Pertamina Segel Kantor Arcandra 2 Hari Lalu" yang ditayangkan pada 3 Maret 2017, alasan FSPPB menyegel tiga ruang komisaris PT Pertamina merupakan reaksi atas dicopotnya Direktur dan Wakil Direktur pada Februari 2017. Jajaran komisaris dianggap sebagai pihak yang bertanggung jawab atas kisruh tersebut.
 
"Yang akan diklarifikasi adalah perihal gonjang-ganjing pencopotan direksi, organisasi direksi kemarin yang dianggap sumber masalah, dan siapa yang diusung jadi Dirut baru," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Migas, Faisal Yusra, Jumat (3/3/2017).
 
Video yang sama dengan penyertaan tanda pagar senada (#Ahok) juga ditemukan di kanal Youtube KEPO PERS dengan judul HEBOH!! ROMBONGAN SERIKAT PEKERJA PERTAMINA SEGEL 3 RUANG KOMISARIS. Hanya saja, di akhir deskripsi unggahan video tersebut disertai dengan klarifikasi waktu peristiwa terjadi.
 
Santai bro ini berita tahun 2017 video ini aku publish untuk ngetes apakah kalian para netizen yang budiman membaca deskripsi video
 
[Hoaks atau Fakta] Penyegelan Ruang Komisaris Pertamina Terkait Penolakan Terhadap Ahok?

 
Kesimpulan:
Unggahan video penyegelan tiga ruang komisaris PT Pertamina (Persero) dengan narasi yang dihubung-hubungkan dengan penolakan serikat pekerja terhadap wacana pengangkatan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai Direktur Utama adalah hoaks. Peristiwa dalam rekaman tersebut terjadi pada 2017 dengan latar belakang isu berbeda.
 
Disinformasi ini termasuk dalam kategori Misleading content atau konten menyesatkan.
 
Referensi:
- https://finance.detik.com/energi/d-3437606/ini-alasan-pekerja-pertamina-segel-kantor-arcandra-2-hari-lalu
 
- https://www.youtube.com/watch?v=1K4R_n36bhM
 
Sumber:
- https://www.facebook.com/SuaraRakyatBerdaulat/videos/742511262900739/UzpfSTEwMDAwMzUyNzQzMTU5NTpWSzo1MjI1Nzk3NzQ5NjQ4ODY/?epa=SEARCH_BOX
 

(SBH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif