Tangkapan layar pemberitaan palsu dari pesan berantai WhatsApp
Tangkapan layar pemberitaan palsu dari pesan berantai WhatsApp

[Cek Fakta] Akun Twitter Bill Gates Berkomentar Kasar Terkait Reuni 212?

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 27 November 2019 17:24
Beredar foto hasil tangkapan layar yang memperlihatkan akun Twitter pendiri Microsoft, Bill Gates mengomentari tautan berita dari CNNIndonesia.com berjudul "FUI: Bill Gates Kalau Sudah Tahu Islam Pasti Ikut Reuni 212". Foto itu beredar melalui pesan berantai di aplikasi WhatsApp.
 
Terlihat pada gambar, tautan link berita itu dibagikan oleh @LaskarIslam pada 22 november 2019. Dua hari kemudian, Bill Gates memberikan komentar pada tautan berita itu dengan kalimat kasar:
 
Oh Shi*t!
What The Fu** Is This?!

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Pengguna Twitter lainnya terlihat ikut mengomentari balasan Bill Gates. Salah satunya pemilik akun @CszDhany19 yang memberikan komentar bertuliskan: Om @BillGates nya ga sudi gobl*kkk!!
 

 
[Cek Fakta] Akun Twitter Bill Gates Berkomentar Kasar Terkait Reuni 212?
 

 
Penelusuran:
Setelah dilakukan penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, foto tangkapan layar tersebut adalah hasil editan. Melalui pencarian pada fitur Twitter Advanced Search, kami menelusuri kicauan Bill Gates terkait komentarnya pada artikel CNNIndonesia.
 
Hasilnya tidak ditemukan cuitan Bill Gates terkait Reuni 212. Rentang 22 sampai 27 November 2019, tidak ada cuitan Bill Gates bernada kasar.
 
Pada 22 November 2019, Bill Gates terpantau berkicau terkait yayasannya yang berkunjung ke The Howard School di Chattanooga, Tennessee.
 
US education may be the hardest issue our foundation works on. A recent visit to The Howard School in Chattanooga, Tennessee reminded me why it's also one of the most inspiring.
 
Terjemahan dalam bahasa Indoensia: Pendidikan AS mungkin merupakan masalah tersulit yang dihadapi yayasan kami. Kunjungan baru-baru ini ke The Howard School di Chattanooga, Tennessee mengingatkan saya mengapa itu juga salah satu yang paling menginspirasi.
 

[Cek Fakta] Akun Twitter Bill Gates Berkomentar Kasar Terkait Reuni 212?

 

Begitupun pada 25 November 2019, Bill Gates berkicau terkait bantuan penelitian penyakit Alzheimer.
 
We’re getting closer to having a blood test for Alzheimer’s – which could help doctors detect and diagnose the disease earlier:
 
Terjemahan dalam bahasa Indonesia: Kami semakin dekat untuk melakukan tes darah untuk Alzheimer - yang dapat membantu dokter mendeteksi dan mendiagnosis penyakit sebelumnya:
 
Sementara itu, artikel CNNIndonesia.com berjudul "FUI: Bill Gates Kalau Sudah Tahu Islam Pasti Ikut Reuni 212" terbit setahun lalu, tepatnya pada 22 November 2018. Kami juga menelusuri cuitan Bill Gates pada rentang waktu tersebut. Pun, hasilnya nihil. Tidak ada cuitan Bill gates terkait Reuni 2012.
 

[Cek Fakta] Akun Twitter Bill Gates Berkomentar Kasar Terkait Reuni 212?
 

Kesimpulan:
Foto tangkapan layar memperlihatkan pendiri Microsoft, Bill Gates memberikan komentar kasar terkait Reuni 212 adalah hasil editan. Sejak bergabung Juni 2009, akun Twitter Bill Gates tidak pernah berkicau kasar terkait acara Reuni 212.
 
Berita bohong tersebut masuk dalam kategori Satire atau parodi. Konten jenis ini biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh.
 
Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu. Kemasan konten berunsur parodi, ironi, bahkan sarkasme. Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.
 
Sebenarnya, satire tidak termasuk konten yang membahayakan. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih banyak yang menanggapi informasi dalam konten tersebut sebagai sesuatu yang serius dan menganggapnya sebagai kebenaran.
 

Referensi:
https://twitter.com/search-advanced?lang=en
https://twitter.com/BillGates
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20181122203042-32-348561/fui-bill-gates-kalau-sudah-tahu-islam-pasti-ikut-reuni-212
 

Sumber:
Pesan berantai di WhatsApp
 

 

(WAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif