Daya tarik utama yang dimiliki oleh kesenian Topeng Ireng terletak pada kostum para penarinya. (Foto: Metro TV)
Daya tarik utama yang dimiliki oleh kesenian Topeng Ireng terletak pada kostum para penarinya. (Foto: Metro TV)

Jelajah Budaya di Kota Susu

Rona galeriindonesiakaya
Gervin Nathaniel Purba • 02 Juni 2019 19:00
Jakarta: Boyolali menyimpan ragam tradisi dan budaya yang masih melekat pada masyarakatnya. Hal ini membuat Boyolali selalu menarik untuk dijadikan destinasi wisata.
 
Salah satu kebudayaan yang menjadi ciri khas Kota Susu adalah Tari Topeng Ireng. Tari Topeng Ireng merupakan sebuah tarian yang biasanya ditarikan di bawah lereng Gunung Merapi dan Merbabu. 
 
Tarian ini melambangkan masyarakat lereng gunung yang begitu akrab dengan alam. Daya tarik utama yang dimiliki oleh kesenian Topeng Ireng terletak pada kostum para penarinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal yang menarik dari Boyolali adalah tempat pembuatan keju Indrakila. Pemilik pabrik keju Indrakila, Novianto Indrakila, berhasil mengangkat citra Boyolali sebagai daerah penghasil keju. Keju Indrakila sudah dipasarkan di beberapa daerah di Indonesia. Salah satunya, Bali.
 
Sementara dari sisi kuliner, ada Nasi Sambel Tumpang. Makanan ini berbahan dasar tempe yang dipadukan sayuran khas Boyolali. 
 
Mengenai pesona Boyolali, Anda bisa saksikan selengkapnya dalam program IDEnesia, episode Jelajah Budaya di Kota Susu, pada Minggu, 2 Juni 2019, pukul 21.30 WIB, di Metro TV.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif