Keragaman kuliner di Indonesia perlu diapresiasi agar semakin banyak makanan Indonesia yang diketahui orang layaknya nasi goreng dan rendang. (Foto: Freepik.com)
Keragaman kuliner di Indonesia perlu diapresiasi agar semakin banyak makanan Indonesia yang diketahui orang layaknya nasi goreng dan rendang. (Foto: Freepik.com)

Membangun Citra Indonesia di Dunia Melalui Kuliner

Rona kuliner
Kumara Anggita • 18 Agustus 2020 12:54
Jakarta: Tahukah Anda bahwa kuliner bisa dibuat sebagai bentuk dari diplomasi budaya? Dan berbagai makanan Indonesia yang cukup terkenal nampak memiliki kekuatan yang besar dalam hal ini. 
 
Penulis Buku "Gastronomi Brand" yaitu Dr. Irwansyah yang juga merupakan dosen ilmu komunikasi Universitas Indonesia menjelaskan bahwa makanan adalah salah satu instrumen diplomasi.
 
Dalam mendukung hal tersebut, dibutuhkan peran media dan diaspora untuk menyampaikan informasi mengenai makanan Indonesia. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kajian literatur saya menunjukkan bahwa engagement adalah faktor penting untuk mengedepankan gastrobranding bagi Indonesia,” ujarnya dalam seminar daring bertajuk “Citra Indonesia melalui Gastro Branding dan Gastro Diplomacy.
 
Bahkan Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri RI, Cecep Herawan memaparkan bahwa gastrodiplomasi adalah salah satu prioritas diplomasi Indonesia 2020-2024. Ia berharap bahwa publik internasional akan tertarik berwisata ke Indonesia dengan mulai mencicipi makanan Indonesia. 
 
 

Rendang dan Nasi Goreng makanan paling lezat di dunia 

Laporan CNN pada 2011 tentang daftar makanan paling lezat di dunia turut menampilkan dua makanan Indonesia, yaitu rendang dan nasi goreng. 
 
Menurut Konsul Jenderal RI di Mumbai, Agus Saptono (KAHIGAMA 1983) kergaman kuliner yang ada di Indonesia seperti itu perlu diapresiasi.
 
Ia menegaskan bahwa kita semua harus konsisten mempromosikan sejumlah kuliner unggulan Indonesia agar semakin banyak makanan Indonesia yang diketahui orang layaknya nasi goreng dan rendang.
 
Membangun Citra Indonesia di Dunia Melalui Kuliner
(Webinar Citra Indonesia melalui Gastro Branding dan Gastro Diplomacy. Foto: Istimewa)
 
Pemilik Djawa Restaurant di Prancis yang mewakili diaspora, Stephanie Dambron dalam hal ini juga menggarisbawahi bahwa kuliner Indonesia perlu dioptimalisasi. Menurutnya, kuliner Indonesia memiliki potensi besar.
 
“Ada banyak kelebihan pada masakan Indonesia. Makanan Indonesia sangat beragam, kaya akan rempah-rempah dan sangat eksotis karena sebagian besar masih belum dikenal dan sangat baru untuk orang Prancis. Jadi ini adalah peluang. Saya ingin menekankan pada kekuatan masakan Indonesia di mata pelanggan Prancis dan internasional,” ujarnya.
 
Dari sini, mereka juga sepakat bahwa keberagaman kuliner adalah kunci dari gastrodiplomasi Indonesia. Kuliner adalah salah satu media untuk memperkenalkan dan mempromosikan negara Indonesia, bahkan dapat menjadi motor penggerak diplomasi budaya. 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(TIN)


social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif