Tak disangka, ternyata keripik kentang tercipta dari ketidaksengajaan dan rasa kesal. (Foto: Ilustrasi Pexels)
Tak disangka, ternyata keripik kentang tercipta dari ketidaksengajaan dan rasa kesal. (Foto: Ilustrasi Pexels)

Sejarah Camilan Keripik Kentang, Tercipta karena Rasa Kesal

Rona camilan Sejarah Kuliner
Raka Lestari • 18 Mei 2020 18:00
Jakarta: Banyak orang di dunia menyukai camilan keripik kentang. Teksturnya yang renyah dan garing, membuat orang tak berhenti mengunyahnya.
 
Rasanya pun bermacam-macam. Bisa juga dicocol dengan berbagai jenis saus keripik kentang yang dapat membuat banyak orang menjadi lupa diri ketika sedang mengemil keripik kentang.
 
Camilan keripik kentang juga sangat cocok menemani Anda menonton tayangan televisi favorit atau ketika sedang bersantai. Namun siapa yang menyangka bahwa camilan keripik kentang ini dibuat secara tidak sengaja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari akun YouTube Great Big Story, pada 1853 seorang chef di sebuah restoran bernama Moon’s Lake House di Saratoga Springs, New York bernama George Crum sedang menyajikan hidangan kepada pelanggannya.
 
Ketika itu, pelanggan Crum tersebut meminta untuk dibuatkan kentang goreng. Dan ternyata ketika disajikan, pelanggan tersebut melayangkan keluhan kepada Crum. Tak ayal ia mengembalikan hidangan yang telah dibuat oleh Crum tersebut.
 
Sejarah Camilan Keripik Kentang, Tercipta karena Rasa Kesal
George Crum, penemu camilan keripik kentang. (Foto: Great Big Story)
 
Pelanggan tersebut mengeluh bahwa kentang goreng buatan Crum memiliki tekstur yang sangat lembek. Crum kemudian mengganti kentang goreng tersebut dengan kentang goreng yang dibuat kembali olehnya, tetapi ternyata pelanggan tersebut masih belum puas dengan hasil masakan Crum.
 
Setelah berkali-kali membuatkan kentang goreng yang sesuai dengan selera pelanggan, akhirnya Crum merasa kesal. Ia marah dan memotong kentang menjadi sangat tipis hingga menjadi selembar kertas dan menggoreng kentang tersebut.
 
Hingga akhirnya setelah disajikan kepada pelanggannya, Crum tidak menyangka bahwa sang pelanggan tersebut menyukai keripik kentang buatan Crum tersebut. Keripik kentang tersebut akhirnya terkenal sampai ke seluruh dunia dengan sebutan potato chips.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif