NEWSTICKER
Berbeda pendapat saat traveling adalah hal yang lumrah. (Foto:Ilustrasi-Pexels)
Berbeda pendapat saat traveling adalah hal yang lumrah. (Foto:Ilustrasi-Pexels)

Apakah Wajar Bertengkar dengan Pasangan saat Travelling?

Rona tips wisata
Raka Lestari • 28 Februari 2020 08:00
Jakarta: Bertengkar dengan pasagan ketika sedang berlibur pastinya pernah dialami oleh sebagian orang. Mulai dari memilih tempat makan, penginapan, ataupun ketika mencari rute destinasi tempat-tempat wisata.
 
Sebelum berpikir bahwa Anda dan pasangan tidak cocok untuk berlibur bersama, sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu alasannya. Seperti mengapa pertengkaran antara pasangan ketika berlibur bisa terjadi.
 
Menurut terapis hubungan Laurel Steinberg, PhD, ada beberapa faktor yang memicu situasi tersebut. Akan tetapi, satu alasan utama adalah karena melakukan travelling itu sendiri secara inheren membuat stres.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Anda harus naik taksi, pesawat, mobil, dan kapal hanya untuk sampai ke tujuan Anda, yang melelahkan dan menjengkelkan. Dan ketika sudah sampai tujuan, Anda juga mungkin harus menyesuaikan dengan perbedaan waktu dan kemudian bangun lebih awal untuk melakukan tur liburan Anda,” kata Steinberg.
 
“Ketika seseorang merasa lelah dan capek, mereka akan memiliki tingkat kesabaran yang rendah dan kesalahan yang dilakukan pasangan akan membuat kesabaran habis. Sebagai hasilnya, tingkat toleransi yang rendah akan bermanifestasi sebagai emosi dan pada saat itulah terjadi pertengkaran,” jelas Steinberg.
 
Kurangnya waktu tidur atau kualitas tidur yang kurang baik juga bisa berkontribusi untuk meningkatkan level stres ketika sedang traveling. Steinberg juga menambahkan bahwa salah satu faktor yang bisa menyebabkan pertengkaran adalah, pekerjaan kantor yang mungkin mengganggu liburan dengan pasangan.
 
“Sekalipun Anda sudah menyiapkan waktu untuk berlibur, terkadang ada beberapa orang yang masih membawa pekerjaan mereka ketika liburan sesederhana mengecek email yang berhubungan dengan pekerjaan. Dan hal tersebut tentunya bisa memicu pertengkaran,” ujarnya.
 
Dengan faktor-faktor pemicu pertengkaran dengan pasangan tersebut, Steinberg menyarankan untuk bersikap dewasa. Terutama jika rencana perjalanan Anda tidak sesuai dengan yang diinginkan.
 
“Hal itu sangat mungkin terjadi. Ketika sesuatu berjalan tidak sesuai rencana, emosi akan meningkat dan terjadi pertengkaran," sarannya.
 
Bertengkar ketika sedang melakukan traveling merupakan hal yang normal. Bahkan pasangan yang bahagia pun pasti pernah mengalaminya.
 
Untuk mengatasinya, Steinberg menyarankan untuk sebisa mungkin menjaga ketenangan emosi seperti dengan berolahraga, meditasi, atau melatih fokus Anda. Dan jangan lupa untuk selalu membawa makanan ringan ekstra.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif