Kabupaten Pati memiliki banyak lokasi wisata, beragam kesenian, dan budaya. (Foto: Metro TV)
Kabupaten Pati memiliki banyak lokasi wisata, beragam kesenian, dan budaya. (Foto: Metro TV)

Pesona Budaya Bumi Mina Tani

Rona galeriindonesiakaya
Gervin Nathaniel Purba • 19 Mei 2019 19:00
Jakarta: Bicara soal wisata dan ragam budaya tidak melulu hanya Bali, Lombok, dan Yogyakarta saja. Kapubaten Pati, Jawa Tengah juga tidak kalah menarik untuk dijadikan destinasi wisata.
 
Terletak di dataran rendah, Kabupaten Pati memiliki banyak lokasi wisata, beragam kesenian, dan budaya. Dari segi wisata, Pati memiliki Pantai Banyutowo, Waduk Gunung Rowo Pati, Alun-Alun Simpang Lima Pati, dan masih banyak lagi.
 
Dari sisi kesenian, Tari Puri Sari menjadi salah satu tarian khas dari Kabupaten Pati. Tarian ini menceritakan ungkapan rasa syukur masyarakat Pati kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas hasil panen yang melimpah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada pula batik khas Pati, yang merupakan batik tertua di Indonesia setelah Kudus. Motif dan coraknya pun khas dari Bumi Mina Tani (sebutan Kabupaten Pati).
 
Sementara dari sisi kuliner, bandeng begitu terkenal di sana. Kabupaten Pati dikenal sebagai daerah penghasil ikan bandeng. Terlebih patung ikan bandeng didirikan sebagai ikon daerah tersebut.
 
Saksikan selengkapnya berbagai potensi yang dimiliki Kabupaten Pati, dalam program IDEnesia, episode Pesona Budaya Bumi Mina Tani, pada Minggu, 19 Mei 2019, pukul 21.30, di Metro TV.

 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif