Sebuah sungai di Kendal disulap menjadi tujuan wisata alam, yang eksotik dengan pemandangan hamparan sawah dan pegunungan. (Foto: Metrotvnews.com/Iswahyudi)
Sebuah sungai di Kendal disulap menjadi tujuan wisata alam, yang eksotik dengan pemandangan hamparan sawah dan pegunungan. (Foto: Metrotvnews.com/Iswahyudi)

Menikmati Wisata Alam Tiban di Desa Krayapan Brangsong

Rona wisata jawa tengah
Iswahyudi • 13 Februari 2017 15:47
medcom.id, Kendal: Sebuah sungai di Kendal disulap menjadi tujuan wisata alam, yang eksotik dengan pemandangan hamparan sawah dan pegunungan. Ini bisa jadi salah satu tujuan wisata Anda saat akhir pekan.
 
Pengunjung selain bisa menikmati keindahan sungai yang bersih dan jernih, juga bisa bermain kasur apung sambil berswafoto.
 
Tempat ini dulunya saluran irigasi yang tak terawat, namun setelah kanan dan kiri sungai ditanami pohon trembesi, tempat tersebut menjadi teduh dan rindang, apalagi  pada siang hari hembusan angin seakan  membawa kita berada di daerah pegunungan dataran tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Air yang jernih dan sungai yang bersih, dengan rindangnya pepohonan di seputar sungai dimanfaatkan warga sekitar sebagai wisata alam dadakan.
 
Awalnya tidak ada yang mengenal kawasan sungai Bladon ini, namun kini wisata alam yang berada di Dusun Krayapan Desa Purwokerto, Kecamatan Brangsong Kendal, selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal luar kota. 
 
Dalam satu hari pengunjung bisa  mencapai antara 200-300, cukup dengan mengeluarkan kocek  Rp 2.000, Anda  bisa menikmati panorama indah bahkan bagi yang suka berfoto juga bisa menikmati foto di atas kasur air. 
 
Menikmati Wisata Alam Tiban di Desa Krayapan Brangsong
(Suasana indahnya sungai Blandon desa Krayapan Brangsong Kendal. Dok. Metrotvnews.com)
 
Menyulap area
Kepala Desa Purwokerto, Prasetyo mengatakan saluran irigasi ini dulu hanya memiliki lebar tiga meter. “Kemudian oleh desa dilebarkan menjadi delapan meter dan ditanami pohon trembesi di kanan kiri sungai. Setelah ramai dikunjungi karangtaruna desa mengelola kawasan ini menjadi wisata alam,” kata Prasetyo Senin (6/2/2017) lalu.
 
Banyak pengunjung yang datang mengatakan mengenal wisata alam baru ini dari media sosial. Sungai yang jernih dan bersih menjadi daya tarik untuk berfoto bersama.
 
Hanya dengan membayar Rp 5  ribu  pengunjung bisa menyewa kasur apung dan berkeliling menyusuri sungai sambil berfoto selama satu jam, namun jika hari minggu tarifnya menjadi Rp 10.000 per jam.
 
Menikmati Wisata Alam Tiban di Desa Krayapan Brangsong
(Para pengunjung menikmati suasana dan pemandangan. Dok. Metrotvnews.com)
 
Pengunjung yang antusias
Kartiko misalnya ia dari Purworwjo datang ke Kendal hanya ingin menikmati wisata air di sungai Bladon, Ia penasaran dengan keindahan sungai yang jernih dan pemandangan alam yang masih asri. Melalui akun fecebook yang diupload di media sosial.
 
“Tahunya dari teman lalu di media sosial juga lagi booming pemandangannya indah, sungainya jernih dan bersih di Desa Krayapan Brangsong Kendal,” kata Kartiko.
 
Pengelola kawasan wisata Sungai Bladon, Syarif Hidayatullah mengatakan, “Sungai sepanjang 600 meter ini dilengkapi rakit, tempat istirahat, ayunan dan yang paling banyak diminati adalah kasur apung,” kata Syarif.
 
“Ke depannya pihak desa akan membangun sejumlah fasilitas pendukung seperti pusat kuliner dan gazebo,” tambah Syarif Wahyudi.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif