Papaya Milk (Foto: Shutterstock)
Papaya Milk (Foto: Shutterstock)

Papaya Milk, Minuman Khas Taiwan Selain Boba

Rona Papaya Milk
Raka Lestari • 20 Mei 2020 15:15
Jakarta: Boba mungkin adalah minuman khas Taiwan yang sangat terkenal. Namun sebenarnya ada minuman lain khas Taiwan yang mungkin belum banyak diketahui orang lain.
 
Papaya milk, dengan tekstur creamy dan rasa yang tidak terlalu manis bisa menjadi pilihan lain untuk mencicipi minuman khas Taiwan lainnya.
 
Dilansir dari South China Morning Post, papaya milk sudah menjadi salah satu minuman pokok semenjak adanya pengembangan di bidang industri dan pertanian pada 1970-an. Minuman ini memiliki keunikan antara kombinasi papaya segar dan susu. Meskipun terlihat biasa saja, kedua campuran bahan tersebut ternyata bisa menghasilkan rasa yang menakjubkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Papaya milk merupakan minuman yang pertama kali dijual sebelum jus buah lainnya diperkenalkan di Taiwan,” kata Chen Tsung-liang, sekretaris jenderal Taiwan Beverage Association, sebuah organisasi nirlaba yang melatih para spesialis di bidang minuman.
 
“Kesegaran dari bahan baku merupakan kunci dalam minuman ini. Dan tentu saja, pertanian di Taiwan dapat memenuhinya sehingga menciptakan minuman yang segar ini," terangnya.
 
Pada awalnya minuman ini dijual oleh para pedagang kaki lima di pasar malam yang melakukan eksperimen dengan mencampurkan berbagai jenis buah dengan susu. Dan ternyata, pepaya dan susu merupakan campuran yang sangat cocok. Sehingga sangat menonjol dan memiliki penggemar yang cukup banyak.
 
Kemudian pada 1970-an, industrialisasi di Taiwan merangsang permintaan domestik terhadap peralatan rumah tangga, termasuk kullkas dan blender yang merupakan alat penting dalam pembuatan papaya milk.
 
“Es serut, jus semangka, dan papaya milk merupakan salah satu bagian dari tradisi,” ujar Chen.
 
Meskipun populer di Taiwan, papaya milk tidak terlalu populer di negara-negara lain seperti bubble tea. Salah satu alasannya menurut Chen adalah rasa dari papaya milk itu sendiri.
 
“Bubble tea memiliki rasa yang lebih mudah diterima dan rasa yang familiar bagi konsumen teh susu yang ada di luar negeri. Sedangkan papaya milk tidak untuk semua orang. Banyak turis asing yang takut dengan rasa dan bau dari papaya milk," ujar Chen.
 
Selain itu, papaya milk juga tidak bisa bertahan lama sekalipun disimpan dalam kulkas. Papain, enzim dalam pepaya, melarutkan protein dalam susu, menghasilkan rasa pahit yang tidak menyenangkan. Dan berbagai faktor lain seperti jenis pepaya dan tingkat kematangannya memengaruhi rasa minuman ini.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif