Anda bisa sahur dengan menu makanan khas Indonesia tanpa waktu memasak yang lama (Foto: Chef Cuisine)
Anda bisa sahur dengan menu makanan khas Indonesia tanpa waktu memasak yang lama (Foto: Chef Cuisine)

Menyiapkan Menu Sahur yang Enak dan Sehat Tanpa Ribet

Rona ramadan 2017
Pelangi Karismakristi • 21 Juni 2017 12:11
medcom.id, Jakarta: Sahur menjadi rutinitas penting untuk dijalani selama bulan Ramadan. Sebab, sahur akan membantu menopang tenaga saat menjalankan ibadah puasa di siang hari.
 
Namun tak bisa dipungkiri, ada kalanya kita melewatkan sahur. Salah satu penyebabnya adalah tak sempat memasak makanan hingga akhirnya terlambat sahur.
 
Agar Anda dapat tetap sahur tepat waktu, di bawah ini inspirasi menu makanan yang dapat dicoba.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Oatmeal
 
Menyiapkan Menu Sahur yang Enak dan Sehat Tanpa Ribet

(Foto:Getty Images)
 
Oatmeal adalah salah satu makanan terbaik untuk disantap saat sahur. Makanan ini kaya serat dan membuat tubuh kenyang lebih lama. Supaya oatmeal lebih nikmat, Anda bisa menambahkannya granola, pisang, stroberi, blueberry, kacang kering, atau buah segar lainnya. Selain mengenyangkan, oatmeal dengan beragam topping buah ini juga akan memperlancar sistem metabolisme tubuh. Bila ingin sedikit asupan protein, Anda bisa menambah telur rebus. Protein sangat penting untuk memberikan energi sepanjang hari.
 
Anda juga bisa menambahkan oatmeal dengan susu atau menggantinya dengan mete dan almond, sehingga kebutuhan kalsium, protein, dan zat besi akan terpenuhi.
 
2. Smoothie
 
Untuk mempersingkat waktu, Anda bisa menyiapkan buah-buahan pada malam hari. Sehingga ketika waktu sahur, tinggal membuat saja. Siapkan buah-buahan favorit, seperti blueberry, raspaberry, pisang, stroberi dan yogurt dalam freezer. Pada saat waktu sahur, Anda bisa memadukannya dengan susu dan jadilah smoothie.
 
Smoothie ini sangat baik diminum sebab mengandung banyak nutrisi. Anda juga bisa menambahkan beberapa gandum kering ke dalam campuran smoothie agar mendapatkan manfaat karbohidrat.
 
3. Roti gandum panggang
 
Menyiapkan Menu Sahur yang Enak dan Sehat Tanpa Ribet

(Foto:Livestrong)
 
Ini adalah menu yang tak kalah mudah dan simpel. Jika Anda penggemar roti bakar, Anda bisa menikmatinya bersama selai kacang, telur dadar, atau segelas susu kedelai.
 
4. Grilled chicken
 
Bila Anda punya waktu yang lebih banyak, Anda bisa memanggang ayam dengan sayuran kukus. Sayuran yang bisa menjadi pilihan antara lain, kentang rebus, kacang merah, wortel dan sayuran hijau. Daging ayam kaya akan protein yang akan membuat Anda kenyang lebih lama.
 
5. Menu khas Indonesia
 
Menyiapkan Menu Sahur yang Enak dan Sehat Tanpa Ribet

 
Sahur dengan menu makanan khas Indonesia, tentu saja nikmat. Namun, bagi sebagian orang, memasak menu tersebut butuh waktu lama. Nah, bagi Anda yang ingin menyantap kari, rendang, semur, dan opor saat sahur, kini ada cara yang lebih mudah, yakni bisa menggunakan Chef Cuisine dari Indofood.
 
Menyiapkan Menu Sahur yang Enak dan Sehat Tanpa Ribet
 
Dengan varian rasa tersebut, Anda akan mendapatkan menu yang lebih kaya dan tentu menggugah selera. Cara memasaknya sangat mudah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Panaskan dalam air mendidih selama 3-5 menit. Bila Anda memanaskan dengan wajan, butuh waktu antara 2-3 menit, dan bila menggunakan microwave cukup 1-2 menit saja. Dengan Chef Cuisine, menu sahur Anda menjadi nikmat dan praktis.
 

 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif