Menparekraf Wishnutama dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (Foto: Humas Kemenparekraf)
Menparekraf Wishnutama dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (Foto: Humas Kemenparekraf)

Menparekraf Wishnutama Bakal Jadikan Banyuwangi Destinasi Percontohan

Rona banyuwangi wisata jawa timur
Sunnaholomi Halakrispen • 09 Januari 2020 11:06
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menyatakan bakal menjadikan Banyuwangi sebagai destinasi contoh. Walaupun, Kabupaten Banyuwangi tidak masuk ke dalam destinasi wisata super prioritas.
 
"Apa yang dilakukan Banyuwangi adalah model yang tepat untuk dijadikan contoh seluruh daerah di Indonesia," ujar Menparekraf Wishnutama di Gedung Kemenparekraf, Jakarta Pusat.
 
Menteri yang akrab disapa Tama ini mengaku tak hanya menyampaikan hal tersebut sebagai bagian dari pidato dalam acara Launching Calendar of Events Banyuwangi 2020, tetapi juga karena melihat perkembangan dan hasil baik dari pariwisata di Banyuwangi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini adalah bukti bahwa pariwisata jika didukung dengan kemampuan kita berpikir, kita berkreasi, akan mendapat dampak sangat luar biasa. Keindahan alam itu pemberian Allah, kreativitas itu juga hasil dari akal kita berpikir yang diberikan Allah," tuturnya.
 
Menparekraf Wishnutama Bakal Jadikan Banyuwangi Destinasi Percontohan
 
Penekanannya, bagaimana seluruh pihak yang bertanggung jawab dengan sektor pariwisata bisa berkreasi atau berinovasi di tempat tinggal mereka. Agar selanjutnya memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakatnya.
 
Terlebih, untuk membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya, Tama pun mengungkapkan bahwa dahulu dirinya sering melihat pariwisata di beberapa daerah. Ia menyebut hanya sebagai tempat numpang lewat wisatawan tapi tidak memberikan dampak kepada masyarakat.
 
"Masyarakat cuma nonton, plongo, lihat bule lewat tapi enggak ngerti harus ngapain. Tapi di Banyuwangi justru punya pemahaman komprehensif tentang strategi pariwisata. Dan, itu adalah contoh," akunya.
 
Baginya, pariwisata membutuhkan support dari kreativitas yang memiliki dampak positif yang sangat luar biasa. Jika membuka pikiran dan hati lebih besar lagi, kata Tama, upaya pariwisata bisa menjadi langkah yang sangat cepat untuk memperbaiki kehidupan masyarakat Indonesia.
 
"Sebelum saya jadi Menteri, saya pikir Banyuwangi ini keren karena banyak membuat event. Karena saat event berhasil memukau mata dunia, itu akan membuat bangga seluruh masyarakatnya, dari kakek, nenek, sampai anak kecil," pungkasnya.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif