Sate Inyiak Datuak telah ada sejak belasan tahun lalu. Resepnya pun diyakini tak berubah meski seiring berjalannya waktu. (Foto: Dok. Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)
Sate Inyiak Datuak telah ada sejak belasan tahun lalu. Resepnya pun diyakini tak berubah meski seiring berjalannya waktu. (Foto: Dok. Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)

Nikmatnya Sate Padang di Kota Aslinya

Rona semen padang kuliner
Sunnaholomi Halakrispen • 12 Januari 2020 11:01
Jakarta: Traveling atau bepergian ke Tanah Minang mungkin akan terbesit menu kuliner nasi padang. Tapi ketika mendengar sate padang, apa yang terlintas di benak Anda? Sate sapi pipih dengan kuah kental?
 
Sate padang memang terkenal dengan kuahnya yang terlihat kental. Tapi, setiap restoran memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Sate Inyiak Datuak, salah satu restoran yang menjual sate khas Padang.
 
Lokasinya ada di Jalan Raya Pakan Kamis, Sawah Dangka, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Tak sulit mencarinya, apalagi di era modern ini mudah mencari alamat dengan mengaplikasikan google map.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nikmatnya Sate Padang di Kota Aslinya
(Tagline yang diusung oleh tempat makan Sate Inyiak Datuak. Foto: Dok. Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)

Daging dan bumbu yang lazis

Daging sapi di tempat makan ini bentuknya terlihat tak terlalu pipih, namun agak berisi. Daging pilihan tanpa lemak yang diberi bumbu khas, kemudian dibakar hingga matang. 
 
Lalu, disajikan dengan disiram dengan kuah kuning. Uniknya, bumbu merata dengan sempurna di setiap bagian daging. Mulai dari bagian luar hingga ke dalam daging.
 
Pada gigitan pertama, daging mudah tercacah di dalam mulut. Teksturnya begitu lembut, bahkan orang lanjut usia (lansia) akan mudah menerima si daging dan mengunyahnya.
 
Tak lama, digigitan selanjutnya, bumbu terasa luber di mulut. Lazisnya daging, rasa gurih, begitu lezat, menggugah selera. Meski waktu berlalu, tanpa sadar satu porsi tak cukup rasanya.
 
Sate Inyiak Datuak telah ada sejak belasan tahun lalu. Resepnya pun diyakini tak berubah meski seiring berjalannya waktu dan infrastruktur sudah diperbaharui.
 
Restoran ini terkenal sebagai ahlinya penyedia daging bumbu dan lidah sapi. Maka jangan heran kalau restoran ini tak pernah sepi pengunjung. Apalagi, jika Anda datang di malam hari dan di akhir pekan. 
 
Persiapkan diri juga untuk datang tidak terlalu malam pada musim liburan. Sebab, Anda perlu waktu untuk menikmati sate yang menggugah selera itu tanpa terburu-buru atau menunggu orang lain yang selesai makan untuk mendapatkan kursi.
 
Nikmatnya Sate Padang di Kota Aslinya
(Pengunjung yang berwifie bersama saat bersantap Sate Inyiak Datuak. Foto: Dok. Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)

Ramai pengunjung, harga bersahabat

Rasa yang mudah membuat rindu, ingin datang lagi dan lagi. Alasan lain, karena harga yang begitu bersahabat. Satu porsinya, Anda cukup membayar Rp18.000 untuk daging sapi maupun lidah sapi. 
 
Sedangkan, untuk setengah porsi dijual dengan harga Rp11.000. Anda pun bebas pilih tiga kuah, yakni kuah kuning, kuah kacang, atau kuah campur. Tak perlu ragu, karena semuanya enak di tempat itu.
 
Selain menyediakan sate daging sapi dan sate lidah sapi, tersedia juga beragan kerupuk yang menjadi pelengkap nikmat santapan Anda. Minuman yang disediakan ada berlimpah macamnya.
 
Di antaranya, tersedia jeruk panas, kelapa muda, timun kerok, kopi, kopi susu, kopi telur, cappucino, dan fanta susu. Tersedia juga telur setengah matang.
 
Beragam kreasi teh juga bisa Anda nikmati. Kedai makan Sate Inyiak Datuak menyediakan teh, es teh, teh susu, teh tarik, lemon tea. Bahkan, tersedia juga teh telur, teh telur pinang, serta teh telur tapai.
 
Selain harga yang bersahabat, pelayannya juga ramah. Meskipun mereka selalu sibuk melayani banyaknya pelanggan, senyuman hangat dilemparkan kepada setiap pelanggan yang memasuki rumah makan itu.
 
Restoran ini memiliki tagline berbahasa Padang yang membuktikan lezatnya menu yang disediakan, yaitu Condong Mato Ka Nan Rancak, Condong Salero Ka Nan Lamak. Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, Suka Lihat yang Bagus, Suka Makan yang Enak.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif