Pastikan Anda menyimpan ikan segar dengan cara yang benar. (Foto Ilustrasi: Cuttersnap/Unsplash.com)
Pastikan Anda menyimpan ikan segar dengan cara yang benar. (Foto Ilustrasi: Cuttersnap/Unsplash.com)

Berapa Lama Sebaiknya Menyimpan Ikan di Kulkas?

Rona resep masakan
Raka Lestari • 17 Februari 2019 09:11
Jakarta: Ikan bisa menjadi pilihan sehat untuk makan malam, tetapi kebanyakan orang mungkin akan malas pergi ke supermarket atau pasar pada malam hari demi mendapatkan ikan yang segar. Jadi berapa lama waktu yang aman untuk menyimpan ikan di dalam lemari es?
 
Melansir dari Reader's Digest, pertama, pastikan Anda menyimpan ikan segar dengan cara yang benar. Lepaskan kertas pembungkus, dan masukkan ikan yang sudah di-fillet dengan menggunakan tas plastik yang sudah hampa udara. Kemudian, simpan plastic bag yang sudah berisi ikan di dalam mangkuk yang berisi air es dalam kulkas.
 
Umumnya, dua hari adalah waktu yang cukup aman untuk menyimpan ikan dalam lemari es. Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat merekomendasikan Anda menyimpan ikan segar, udang, kerang, dan cumi-cumi hanya satu atau dua hari di dalam kulkas atau lemari pendingin. Namun itu semua tergantung dari jenis ikan atau makanan laut lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut MarthaStewart.com, ikan tuna, swordfish, trout, dan salmon dapat bertahan sekitar tiga hingga lima hari.  Namun, ikan berminyak seperti mackerel, bluefish, dan sarden memiliki masa penyimpanan lebih sebentar. Anda harus memastikan untuk memasak dan memakannya dalam waktu tiga hari atau kurang.
 
Dan ketika Anda memasak ikan, pasti Anda pernah memiliki sisa ikan yang sudah dimasak. Seberapa lama sebaiknya Anda menyimpan masakan yang berbahan utama ikan tersebut? Dikutip dari Reader's Digest, Anda bisa menyimpan ikan yang sudah dimasak sekitar dua hingga tiga hari di lemari es.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif