Sebagian orang mungkin pernah mengalami perubahan pada wajah mereka setelah minum alkohol. (Ilustrasi/Pexels).
Sebagian orang mungkin pernah mengalami perubahan pada wajah mereka setelah minum alkohol. (Ilustrasi/Pexels).

Penyebab Wajah Memerah Setelah Minum Alkohol

Rona minuman beralkohol
Raka Lestari • 10 Desember 2019 18:04
Jakarta: Sebagian orang mungkin pernah mengalami perubahan pada wajah mereka setelah minum alkohol. Beberapa mengatakan bahwa penyebab muka Anda berubah menjadi kemerahan adalah karena reaksi alergi yang intens atau tekanan darah tinggi. Namun apakah hal tersebut benar?
 
Seperti dilansir Thehealthy, ada alasan ilmiah mengapa wajah Anda memerah setelah minum alkohol. "Pada dasarnya, kulit yang memerah adalah cara tubuh Anda untuk memberi tahu Anda bahwa tubuh Anda tidak memetabolisme alkohol seefisien mungkin," jelas Amitava Dasgupta, PhD, seorang profesor di departemen patologi dan kedokteran laboratorium di The University of Texas Health Science Center.
 
Alkohol dimetabolisme atau dipecah menjadi asetaldehida dan ketika tubuh Anda tidak dapat memetabolisme senyawa selama proses ini, kapiler darah di wajah Anda membesar sehingga menyebabkan wajah Anda menjadi tampak memerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika Anda minum dua gelas anggur dengan rentang waktu yang singkat, seperti lebih dari dua gelas dalam satu jam, tubuh Anda tidak bisa menghilangkan asetaldehida dengan cukup cepat, sehingga wajah Anda bisa memerah," katanya.
 
Dasgupta juga menambahkan, “Karena perbedaan genomik, 80 persen orang Asia Timur mengalami reaksi ini karena mereka mewarisi salinan gen yang terlalu aktif yang memetabolisme alkohol sehingga mereka memecah asetaldehida dengan sangat cepat, kadang-kadang hingga 100 kali lebih cepat, katanya.
 
Selain itu, orang yang memiliki salinan gen ini terlalu aktif dapat mengalami mual, sakit kepala, dan ketidaknyamanan secara keseluruhan saat minum alkohol. Sebuah studi tahun pada tahun 2018 di jurnal Nature menunjukkan bahwa mereka yang mengalami wajah yang memerah saat minum alkohol lebih rentan untuk merusak DNA mereka daripada mereka yang tidak.
Penyebab Wajah Memerah Setelah Minum Alkohol
Sebagian orang mungkin pernah mengalami perubahan pada wajah mereka setelah minum alkohol. (Ilustrasi/Pexels).
 
Meskipun tidak ada cara untuk mengubah reaksi genetik Anda terhadap alkohol, ada cara yang bisa dilakukan untuk meminimalkan pipi yang kemerahan saat minum alkohol. Pertama, jangan minum alkohol terlalu banyak.
 
Secara umum, pria sebaiknya mengonsumsi tidak lebih dari dua minuman beralkohol per hari sedangkan wanita satu minuman alkohol per hari. "Minumlah perlahan-lahan dan secukupnya untuk menghindari wajah kemerahan,” sarah Dasgupta.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif