Selain dapat membantu meningkatkan pencernaan menjadi lebih baik, mengunyah lebih lama dapat membantu mengendalikan berat badan Anda. (Foto: Pexels.com)
Selain dapat membantu meningkatkan pencernaan menjadi lebih baik, mengunyah lebih lama dapat membantu mengendalikan berat badan Anda. (Foto: Pexels.com)

Mengunyah Makanan 30 Kali Bantu Menurunkan Berat Badan?

Rona kesehatan
Torie Natalova • 04 Juni 2019 11:47
Robyn Youkilis seorang ahli pencernaan mengatakan air liur memiliki enzim pencernaan dan ketika Anda tidak mengunyah makanan hingga lembut, Anda melewatkan bagian penting dari proses pencernaan Anda. Kurang mengunyah makanan hingga cair, pada akhirnya dapat menyebabkan masalah perut seperti kembung, sembelit dan bahkan naiknya asam lambung.
 

Jakarta: Anjuran mengunyah makanan adalah sekitar 30-32 kali gigitan. Namun, sebagian besar orang terburu-buru ketika makan atau tidak fokus saat mengunyah. Tanpa disadari, mengunyah dapat memengaruhi pencernaan Anda.
 
Meskipun terdengar sulit untuk mengunyah makanan dengan lambat karena aktivitas yang sangat padat, mengunyah makanan setidaknya 30 kali atau sampai lembut dapat membantu Anda menyaring lebih banyak nutrisi dari makanan. Selain itu, ini dapat menjaga proses pencernaan Anda berjalan dengan lancar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anda terkadang mungkin hanya mengunyah satu kali atau lima kali saja setiap makan, yang cukup membuat Anda bisa menelan tanpa tersedak. 
 
Menurut ahli pencernaan Robyn Youkilis, air liur memiliki enzim pencernaan dan ketika Anda tidak mengunyah makanan hingga lembut, Anda melewatkan bagian penting dari proses pencernaan Anda.
 
Kurang mengunyah makanan hingga cair, pada akhirnya dapat menyebabkan masalah perut seperti kembung, sembelit dan bahkan naiknya asam lambung. Kondisi-kondisi ini dapat terjadi karena sisa dari sistem pencernaan Anda harus melakukan lebih banyak pekerjaan. 
 
Mengunyah makanan setidaknya 30 kali benar-benar dapat membuat Anda melambat saat makan, fokus atau makan dengan penuh perhatian untuk mengunyah hingga setidaknya 30 kali.
 
Mengunyah Makanan 30 Kali Bantu Menurunkan Berat Badan?
(Kurang mengunyah makanan hingga cair, pada akhirnya dapat menyebabkan masalah perut seperti kembung, sembelit dan bahkan naiknya asam lambung. Foto: Pexels.com)

Mengunyah dengan benar bantu tubuh bakar kalori

Selain dapat membantu meningkatkan pencernaan menjadi lebih baik, mengunyah lebih lama dapat membantu mengendalikan berat badan Anda. Menurut sebuah penelitian, orang gemuk cenderung mengunyah makanannya lebih sedikit daripada orang yang lebih kurus. Penelitian lain menyebutkan, mengunyah makanan lebih banyak membantu tubuh membakar lebih banyak kalori.
 
Ada tips mudah untuk membantu Anda mengunyah makanan lebih banyak saat Anda tidak memiliki banyak waktu ketika makan. Ketika makan dengan kondisi sadar selama beberapa menit di awal makan Anda, mulailah dengan mengunyah setidaknya 15-20 gigitan per suap dan secara bertahap meningkat dari waktu ke waktu.
 
Tidak perlu menghitung jumlah kunyahan Anda, cukup merasakan makanan berubah menjadi lebih cair sebelum menelannya. Cobalah cara ini selama seminggu, dan rasakan perubahannya.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif