Beberapa penyakit autoimun juga bisa membuat rambut Anda menjadi ubanan. (Foto Ilustrasi: Times of India)
Beberapa penyakit autoimun juga bisa membuat rambut Anda menjadi ubanan. (Foto Ilustrasi: Times of India)

Penyebab Uban Tumbuh Sebelum Waktunya

Rona rambut
Dhaifurrakhman Abas • 14 Mei 2019 14:20
Uban menjadi penanda bahwa Anda sudah tua. Tapi nyatanya, banyak pemuda yang telah mendapati beberapa helai rambutnya memutih. Biasanya, itu dikarenakan beberapa faktor. Salah satunya karena stres.
 
Jakarta: Rambut bak mahkota bagi setiap orang. Tak pelak sedikit saja rambut bermasalah, bisa bikin hati jadi was-was.
 
Salah satu masalah yang sering menyerang adalah rambut yang mulai memutih atau ubanan. Bagi seseorang yang mulai memasuki usia senja, barangkali hal itu biasa-biasa saja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebab, ketika usia bertambah, produksi melanin dalam tubuh akan berkurang sehingga menyebabkan munculnya uban. Namun bagi yang masih berusia muda, bahkan remaja, rambut yang mulai ditumbuhi uban tentu jadi masalah.
 
Yang menjadi pertanyaan, mengapa sebagian orang sudah memiliki uban ketika masih muda? Berikut penjelasannya melansir Times of India:

1. Polusi

Lingkungan beracun dapat menyebabkan rambut Anda berubah menjadi putih lebih cepat. Sebab, polutan di lingkungan tempat tinggal menghasilkan radikal bebas yang bisa merusak melanin dan meningkatkan laju penuaan rambut.

2. Stres

Rambut mulai memutih juga bisa dipengaruhi rasa stres yang berlebihan. Jika stres dialami secara berkelanjutan rambut bisa memutih dengan cepat bahkan saat menginjak usia 30-an.
 
Stres bisa bikin rambut ubanan karena perasaan itu mampu mempercepat kepadatan genetik seseorang dan mengubah warna rambut. Untuk itu, cobalah untuk mengelola stres jika Anda ingin warna rambut tetap tampak awet muda.

3. Merokok

Merokok juga menjadi penyebab mengapa beberapa orang sudah memiliki uban saat usia masih muda. Bukan hanya perokok aktif, perubahan warna rambut juga berlaku pada perokok pasif.
 
Sesuai penelitian yang dipublikasikan pada 2013, orang yang merokok memiliki peluang 2,5 kali lebih tinggi dalam mengalami perubahan rambut menujadi putih. Jadi, tunggu apalagi. Berhentilah merokok sebelum uban menggerogoti rambut Anda.

4. Perubahan hormon

Perubahan hormon adalah alasan lain mengapa rambut Anda berubah menjadi abu-abu dan keputihan. Rambut Anda bisa kehilangan tekstur, kerapatan, dan warnanya seiring waktu karena perubahan hormon. Biasanya proses ini dimulai ketika Anda berusia 30 dan Anda dapat menyaksikan perbedaan mencolok dalam warna rambut Anda.

5. Kurang gizi

Jika Anda tidak memasukkan semua nutrisi penting dalam tubuh Anda, maka siap-siap, rambut Anda mungkin akan memutih dengan cepat. Tingkat vitamin B12 yang rendah dapat menyebabkan rambut menjadi kering, menipis, dan beruban prematur.

6. Kondisi medis

Beberapa penyakit autoimun juga bisa membuat rambut Anda menjadi abu-abu. Penyakit autoimun menyerang sel-sel di dalam tubuh dan mengakibatkan rambut beruban.

7.  Genetik

Salah satu alasan mengapa rambut Anda berubah menjadi abu-abu adalah karena orang tua Anda juga mengalami rambut beruban lebih awal. Terkadang perubahan warna rambut Anda juga dipengaruhi pada gen Anda.
 
Rahasia Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Awet Muda

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif