Selain muncul saat bayi, hernia pada terjadi pada anak. (Foto: Pexels.com)
Selain muncul saat bayi, hernia pada terjadi pada anak. (Foto: Pexels.com)

Gejala dan Pengobatan Hernia pada Bayi dan Anak

Rona hernia pada bayi dan anak
Anda Nurlaila • 15 Oktober 2019 07:00
Jakarta: Benjolan di sekitar perut seperti pusar atau selangkangan bayi dan anak-anak dikenal dengan turun berok atau hernia. Dari banyak jenis hernia, yang paling umum terjadi pada anak-anak adalah hernia umbilikalis di perut dan hernia ingunialis di selangkangan.
 
Kondisi ini dapat terjadi saat bayi lahir atau muncul kemudian di masa kanak-kanak.
 
Seperti dimuat dalam Parents, hernia terjadi ketika organ di dalam tubuh, biasanya usus atau kandung kemih terdorong keluar melalui lubang di dinding perut. Selain muncul saat bayi, hernia pada terjadi pada anak. Gejalanya biasanya muncul sebagai benjolan lunak di bawah kulit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hernia dapat berkembang sebagai akibat obesitas, sembelit kronis, atau terlalu banyak batuk atau menjerit yang meningkatkan tekanan dalam perut. Kondisi ini sering berubah ukuran, tergantung pada gerakan atau aktivitas tubuh.

Gejala dan tanda hernia
 
1. Hernia umbilikalis

Hernia umbilikalis biasanya muncul di area pusar selama beberapa minggu atau bulan pertama kehidupan bayi. Hernia  dapat terlihat lebih besar saat bayi menangis atau buang air besar yang meningkatkan tekanan di perut. Hernia itu sendiri biasanya tidak menyakitkan atau peka terhadap sentuhan.

2. Hernia inguinalis

Hernia inguinalis biasanya melibatkan usus atau kandung kemih yang terdorong keluar melalui lubang atau area tipis di daerah selangkangan. Sehinggga terlihat seperti tonjolan dan biasanya muncul selama masa bayi.
 
Hernia inguinalis bisa besar atau kecil dan dapat terjadi pada satu atau kedua sisi pangkal paha bayi. Bayi laki-laki prematur lebih cenderung mengalami hernia inguinalis, yang muncul sebagai skrotum yang membengkak.
 
Pada anak perempuan, hernia muncul di lipatan besar kulit di sekitar vagina. Biasanya hernia tidak mengganggu anak dan isi kantong hernia meluncur kembali ke tempatnya dengan mudah.
 
Gejala dan Pengobatan Hernia pada Bayi dan Anak
(Hernia terjadi ketika organ di dalam tubuh, biasanya usus atau kandung kemih terdorong keluar melalui lubang di dinding perut. Foto: Pexels.com)

Hernia yang terperangkap

Dalam kasus yang jarang terjadi, isi perut atau usus dapat terperangkap dan tidak dapat didorong kembali ke tempatnya yang dikenal dengan hernia inkarserata.
 
Hernia ini berpotensi mengancam jiwa. Hernia ini biasanya keras, bengkak, berwarna merah atau biru dan sangat menyakitkan.
 
Hernia inkarserata dapat menghalangi aliran dan suplai darah yang menyebabkan hernia strangulata. Hernia ini adalah keadaan darurat dan diperlukan bedah segera untuk mencegah cedera permanen pada usus.

Perawatan hernia

Tidak ada cara untuk mencegah hernia pada anak-anak. Jika menemukan benjolan di pusar atau pangkal paha bayi, segera konsultasikan ke dokter. Anda juga dapat mengurangi risiko pengembangan hernia dengan mengobati masalah medis anak, mencegah penambahan berat badan berlebihan, mengurangi sembelit, dan waspada terhadap batuk kronis.
 
Semua hernia harus dievaluasi oleh dokter. Penanganannya mungkin dengan mendorong usus atau kandung kemih ke tempatnya, namun sebagian mungkin tidak dapat baik dengan sendirinya.
 
Seiring waktu, hernia umbilikalis dapat menghilang tanpa perawatan khusus, tetapi hernia inguinalis biasanya membutuhkan pembedahan karena dapat menyebabkan inkarserata atau strangulata.
 
Dalam kebanyakan kasus, dokter akan merekomendasikan operasi segera untuk memperbaiki kelemahan perut dan mencegah hernia kambuh.
 
Operasi yang tersedia saat ini bedah hernia yakni bedah terbuka dan laparoskopi. Selain aman dan prosedur bedah hernia dapat dilakukan dengan rawat jalan dan waktu pemulihan minimal. Namun rawat inap diperlukan jika anak memiliki masalah kesehatan seperti kondisi jantung dan kelainan darah.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif