NEWSTICKER
Bersemangat untuk melakukan pekerjaan dari rumah penting untuk dilakukan, tetapi jangan sampai Anda memiliki ambisi yang berlebihan. (Foto: Ilustrasi-Pexels)
Bersemangat untuk melakukan pekerjaan dari rumah penting untuk dilakukan, tetapi jangan sampai Anda memiliki ambisi yang berlebihan. (Foto: Ilustrasi-Pexels)

5 Tips agar Produktif Kerja di Rumah

Rona balai karantina virus corona covid-19 beda isolasi, karantina, dan social distancing apa itu karantina social distancing
Raka Lestari • 17 Maret 2020 07:06
Jakarta: Mulai 16 Maret kemarin, baik pemerintah daerah maupun pusat telah menginstruksikan perusahaan untuk memberlakukan work from home atau bekerja dari rumah. Imbauan itu dilakukan demi mencegah penyebaran virus korona atau covid-19 di ruang publik.
 
Beberapa orang mungkin ada yang merasa tidak nyaman dengan kebijakan tersebut, lantaran dianggap bisa menurunkan produktivitas kerja mereka. Namun Karen Eyre-White, seorang productivity coach dan pendiri organisasi bisnis GoDo berkata lain. Ia pun memberikan tips untuk memaksimalkan pekerjaan, meski dilakukan di rumah:

-Membedakan mode kerja

“Salah satu keuntungan terbesar tentang bekerja dari rumah adalah Anda tidak harus terburu-buru sebelum mengerjakan pekerjaan, tetapi fleksibilitas ini juga bisa menjadi tantangan terbesar Anda,” kata Eyre-White.
 
Jangan lupa bahwa Anda ada di rumah untuk bekerja, jadi atur diri Anda dengan cara yang benar, berpakaian dan menyikat gigi di awal hari daripada hanya memakai baju tidur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Beralih dari mode rumah ke kerja. Caranya dengan melakukan perubahan secara fisik untuk bersiap melakukan pekerjaan," terangnya.

-Bersikap realistis

“Bersemangat untuk melakukan pekerjaan dari rumah penting untuk dilakukan, tetapi jangan sampai Anda memiliki ambisi yang berlebihan,” ujar Eyre-White.
 
Sebagai gantinya, ia merekomendasikan untuk tetap bersikap realitstis dan melakukan pekerjaan yang mungkin bisa Anda lakukan daripada yang Anda rencanakan. Eyre-White juga menyarankan memilih tiga hingga lima hal untuk dilakukan dan usahakan untuk menyelesaikan sebagian besar sebelum makan siang.

-Jangan lupa beristirahat

Mungkin sulit untuk melepaskan diri dari laptop Anda jika Anda khawatir dianggap malas. Namun bukan berarti Anda tidak boleh beristirahat.
 
"Hanya karena Anda merasa nyaman di rumah, itu tidak berarti Anda tidak perlu istirahat yang layak," kata Eyre-White.
 
“Tinggalkan meja Anda untuk makan siang dan manfaatkan waktu tersebut untuk bermain dengan anak atau hewan peliharaan Anda. Dengan begitu, Anda bisa kembali merasa segar dan lebih produktif.," tambahnya.

-Istirahat pendek

"Ada banyak gangguan potensial ketika kita bekerja dari rumah. Jadi, atur secara proaktif hal-hal yang dapat mengganggu fokus Anda," terang Eyre-White.
 
Ia menyarankan untuk beristirahat pendek di sela-sela pekerjaan yang menuntut fokus Anda. Atau bisa juga dengan mengganti suasana seperti berolahraga ringan atau mencuci piring.

-Tetap bersosialisasi

Bekerja di rumah bukan berarti Anda harus tidak berinteraksi dengan siapapun. Jika Anda merupakan tipe yang senang bersosialisasi, cobalah untuk menelpon teman-teman Anda atau mengirim pesan whatsapp ke mereka.
 
"Atau bisa juga menggunakan Skype untuk bisa tetap saling terhubung dengan teman-teman Anda," tandasnya.
 

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif