Tiga tahapan diet ini dapat membantu pencernaan Anda, menjaga keseimbangan gula darah dan membantu hati dalam detoksifikasi. (Foto: Rawpixel/Unsplash.com)
Tiga tahapan diet ini dapat membantu pencernaan Anda, menjaga keseimbangan gula darah dan membantu hati dalam detoksifikasi. (Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

Diet Ini Selama 3 Hari untuk Keseimbangan Hormon

Rona kesehatan diet
Torie Natalova • 08 Februari 2019 12:56
Jakarta: Banyak wanita yang mengalami ketidakseimbangan hormon dan ini dapat membuat mereka merasa tidak nyaman seperti sering lelah, insomnia, kegemukan, kulit dan rambut tidak kusam, emosional, stres, sering lupa dan kurang bergairah.
 
Kabar baiknya, Anda dapat menyeimbangkan hormon secara alami dengan menjaga pondasi keseimbangan hormon yakni dari tiga sistem tubuh yaitu pencernaan, hati (detoksifikasi) dan keseimbangan gula.
 
Dilansir dari Mindbodygreen, tiga tahapan diet ini dapat membantu pencernaan Anda, menjaga keseimbangan gula darah dan membantu hati dalam detoksifikasi.
 
(Baca juga: Bagaimana Cara Mengetahui Diet yang Cocok untuk Tubuh?)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Sarapan dengan makanan yang mengandung protein, lemak dan serat
Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan kadar hormon testosteron tinggi, estrogen meningkat, dan hormon adrenal. Cara termudah memperbaikinya adalah memulai hari dengan sarapan yang mengandung protein, lemak dan serat. 
 
Beberapa bentuk protein sehat seperti kacang-kacangan, daging atau telur organik, biji chia. Lemak sehat seperti kacang-kacangan, mentega kelapa atau alpukat serta serat yang dimiliki semua jenis sayur.
 
Diet Ini Selama 3 Hari untuk Keseimbangan Hormon
(Sayuran jenis silangan termasuk brokoli, kecambah brokoli, kangkung, sawi, bok choy, arugula, sawi, kembang kol dan kubis. Sayuran ini membantu hati untuk mendetoksifikasi dari hormon metabolisme yang dapat menyebabkan kerusakan. Foto: Nadine Primeau/Unsplash.com)
 
2. Makan siang dengan sayur jenis silangan dan detoksifikasi
Sayuran jenis silangan termasuk brokoli, kecambah brokoli, kangkung, sawi, bok choy, arugula, sawi, kembang kol dan kubis.
 
Sayuran ini membantu hati untuk mendetoksifikasi dari hormon metabolisme yang dapat menyebabkan kerusakan. Hindari makan siang yang mengandung gluten dan susu seperti sandiwich.
 
Anda dapat memilih salad segar dengan tambahan seperti daging sapi organik, ayam kampung atau salmon liar.
 
Menambahkan bit juga baik untuk membantu detoksifikasi estrogen berlebih dan logam berat lain dalam hati. Sedangkan wortel dapat membantu menghasilkan lebih banyak progesteron dan mengikat metabolit estrogen.
 
3. Makan malam tidak berlebihan dan jangan terlalu malam
Makan larut malam dan tidur dengan perut yang penuh dengan makanan sulit dicerna seperti steak berlemak tidak akan membuat tidur Anda nyenyak dan menyegarkan saat bangun. Sel-sel tubuh beregenerasi dan detoksifikasi hati hanya jika Anda tidur nyenyak.
 
Cobalah untuk tidak amkan malam setelah pukul 18.30 dan sebaiknya pilih makan malam yang ringan seperti sup wortel dan miso yang mengandung serat banyak juga probiotik penyembuh usus.
 
Para ahli juga merekomendasikan minum teh herbal sebelum tidur yang akan mendukung hati memproses detoksifikasi.
 
Salah satu contoh minuman herbal yang sehat seperti jahe segar dengan irisan lemon yang membantu menenangkan usus, teh akar dandelion, teh chamomile yang membantu menenangkan tubuh sebelum tidur.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif