Bayi dalam kandungan kekurangan hormon tiroid, maka bayi tersebut kemungkinan besar akan lahir dengan kondisi hipotiroid kongenital. (Ilustrasi/Pexels)
Bayi dalam kandungan kekurangan hormon tiroid, maka bayi tersebut kemungkinan besar akan lahir dengan kondisi hipotiroid kongenital. (Ilustrasi/Pexels)

Kenapa Anak-anak Bisa Alami Hipotiroid?

Rona kesehatan
Kumara Anggita • 26 September 2020 10:05
Jakarta: Hipotiroid adalah salah satu penyakit yang bisa diatasi dengan deteksi dini dan penanganan yang tepat. Untuk itu, Anda perlu tahu mengapa penyakit ini bisa muncul.
 
dr. Narumi Hayakawa dokter sekaligus dosen Universitas Petra Surabaya menjelaskan bahwa ini terjadi karena berbagai faktor seperti faktor genetik dan kekurangan zat saat dalam kandungan. 
 
“Bayi dalam kandungan kekurangan hormon tiroid, maka bayi tersebut kemungkinan besar akan lahir dengan kondisi hipotiroid kongenital,” jelasnya dalam Rompi di Aplikasi Orami Parenting. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“25% memang karena faktor genetik, namun sebagian besar diakibatkan karena kekurangan asupan iodium ketika hamil,” lanjutnya. 
 
Hal ini menyebabkan pembentukan kelenjar tiroid tidak sempurna (hipoplasia kelenjar tiroid), kelenjar tiroidnya tidak pada tempatnya (ektopik) atau bahkan tidak terbentuk (agenesis). Menurutnya kondisi ini membuat bayi memiliki kelainan neurologis atau saraf, stunting, bahkan kelainan atau cacat fisik.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif