Ilustrasi-Freepik
Ilustrasi-Freepik

5 Tips sebelum Melakukan Olahraga Lari

Rona tips kesehatan tips berolahraga
Raka Lestari • 25 September 2020 09:10
Jakarta: Olahraga lari paling banyak digemari dan juga mudah dilakukan. Kendati demikian, yang terpenting adalah melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga lari, untuk menghindari terjadinya cedera.
 
“Sebenarnya dalam melakukan olahraga itu, yang terpenting bukan beratnya tetapi rutinitasnya. Olahraga bisa dilakukan 3 – 4 kali seminggu selama 30 menit. Boleh ditingkatkan, tetapi dilakukan secara bertahap dan sesuaikan dengan kemampuan,” jelas dr. Andi Nusawarta, M.Kes, Sp.OT (K) Sport, Dokter Spesialis Bedah Tulang dan Sendi Konsultan Cedera Olahraga dan Arthroskopi.
 
Berikut ini adalah tips yang perlu dilakukan sebelum melakukan olahraga lari menurut dr. Andi:

1. Selalu melakukan pemanasan dan pendinginan

Lakukan pemanasan atau olahraga seluruh tubuh sebelum berlari agar tubuh lebih siap. Pilih waktu berolahraga pagi atau sore hari karena pada siang hari cenderung lebih panas. Sehingga lebih cepat mengalami dehidrasi. Pada pagi hari juga ada sinar matahari baik untuk membantu pembentukan vitamin D.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


5 Tips sebelum Melakukan Olahraga Lari

2. Beri waktu istirahat

Di tengah-tengah waktu berlari, jangan lupa untuk melakukan istirahat. Dengan beristirahat, Anda akan memulihkan tubuh yang lelah dan mencegah cedera. Dengan beristirahat, mencegah otot mengalami overuse.
 
Halaman Selanjutnya
  3. Pilih sepatu yang…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif