Autism spectrum disorder (ASD) mencakup sekelompok gangguan dengan gejala yang memengaruhi kehidupan sehari-hari dan biasanya mulai terlihat sejak usia dini. (Ilustrasi/Pexels)
Autism spectrum disorder (ASD) mencakup sekelompok gangguan dengan gejala yang memengaruhi kehidupan sehari-hari dan biasanya mulai terlihat sejak usia dini. (Ilustrasi/Pexels)

Fakta-fakta Mengenai Autisme

Rona autisme
Raka Lestari • 10 Maret 2020 09:07
Jakarta: Autism spectrum disorder (ASD) mencakup sekelompok gangguan dengan gejala yang memengaruhi kehidupan sehari-hari dan biasanya mulai terlihat sejak usia dini. Gangguan perkembangan ini dapat mempengaruhi perilaku seseorang, komunikasi, dan kemampuan untuk membentuk hubungan, antara lain.
 
Karena itu adalah spektrum, orang dengan ASD mungkin memerlukan tingkat dukungan yang berbeda, menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke.
 
Gejala spesifik autism juga sama beragamnya. Dan berikut ini adalah fakta-fakta mengenai autisme, seperti dilansir The Healthy

Orang dengan autisme bisa menjadi penyayang

Banyak orang mungkin menganggap bahwa seseorang dengan autisme tidak memiliki rasa kasih sayang. Kesalahpahaman ini cenderung berasal dari kenyataan bahwa beberapa individu dengan autisme tidak suka disentuh, dipeluk, atau untuk dipandang orang lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saya dapat bertemu 50 individu yang berbeda dan semuanya dengan diagnosis ASD. Saya telah bekerja dengan banyak orang yang memiliki diagnosis ASD, dan mereka bisa sangat sayang,” kata Melissa Reiner, M.Ed., konsultan perilaku dan autisme, dan pendiri AskMelissaNow.com.

Orang dengan autisme memiliki berbagai tingkat kecerdasan

Sama seperti orang tanpa autisme memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda, orang dengan autisme juga demikian. Reiner menunjukkan bahwa individu pada spektrum autisme dapat memiliki IQ mulai dari tingkat yang sangat rendah hingga jenius, sama seperti setiap manusia pada umumnya. 

Orang dengan autisme bisa sukses di sekolah

Orang-orang pada spektrum autisme dapat mencapai berbagai tingkat keberhasilan akademik. “Bukan hal yang baru bagi individu dengan autisme untuk bisa unggul di kelas, selama mereka menerima arahan yang jelas, penjelasan yang dikomunikasikan dengan jelas, dan dukungan dalam lingkungan yang terstruktur,” ujar Linda S. Lucas, PhD, penasihat kesehatan mental berlisensi dan asisten profesor di departemen layanan manusia di Beacon College di Leesburg, Florida.

Orang dengan autisme bisa memiliki karir yang sukses

Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa orang-orang pada spektrum autisme selalu tertinggal dari rekan-rekan mereka secara perkembangan. Bagaimanapun, meski mereka mungkin tertinggal dalam satu aspek, orang dengan autisme bisa memiliki keterampilan yang sangat baik dalam aspek lain dan ini memungkinkan mereka memiliki karir yang sukses menggunakan keterampilan terkuat mereka. 
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif