Ahli Gizi: Telur dan Susu, Sumber Protein Terbaik
Berdasarkan sebuah penelitian, nilai cerna yang merupakan seberapa banyak protein yang bisa diserap tubuh, pada susu mencapai 95 dan pada telur 97. (Foto: Monika Grabkowska/Unsplash.com)
Jakarta: Protein adalah salah satu sumber nutrisi penting bagi tubuh, selain karbohidrat dan lemak. Dari sekian banyak sumber protein, manakah yang terbaik?

"Mutu terbaik terdapat pada telur dan susu," jawab ahli gizi Dr. Marudut, B.Sc, MPS dalam Frisian Flag Indonesia Milkversation, Kamis 3 Mei 2018.

Ia menjelaskan, kedua sumber hewani tersebut memiliki nilai cerna paling tinggi.


Protein yang berasal dari luar tubuh pada dasarnya adalah protein kasar yang perlu dicerna dalam tubuh. Berdasarkan sebuah penelitian, nilai cerna yang merupakan seberapa banyak protein yang bisa diserap tubuh, pada susu mencapai 95 dan pada telur 97.

(Baca juga: Ini Beda Susu Sapi, Susu Kambing, dan Susu Kuda)


(Dari sekian banyak sumber protein, manakah yang terbaik? "Mutu terbaik terdapat pada telur dan susu," jawab ahli gizi Dr. Marudut, B.Sc, MPS dalam Frisian Flag Indonesia Milkversation, Kamis 3 Mei 2018. Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)

"Susu bisa diserap hingga 90 persen karena memiliki asam amino yang membantu dalam proses pencernaan di usus halus," tambahnya.

Berbicara soal susu, Marudut juga membantah akan adanya mitos tentang minum susu bikin gemuk.

Menurutnya, lemak dalam susu tergolong sehat seperti lemak trans dengan persentase kandungan 3,7 dan lemak tak jenuh sebanyak 5,3. Di satu sisi, kandungan lemak jenuh dalam susu sebanyak 90 persen tidak berbahaya, dibandingkan dengan jumlah zat gizi lain yang terdapat di dalamnya.

Selain itu, persentase antara protein dan lemak dalam susu juga tak berbeda jauh yaitu 3-4 dan 3,4. Laktosa adalah kandungan yang paling mendominasi dalam susu, yaitu 4,8.





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id