Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Cara Mencegah Sakit ketika Menstruasi

Rona haid
Sunnaholomi Halakrispen • 11 Oktober 2019 14:07
Jakarta: Menstruasi atau haid biasanya menimbulkan rasa sakit atau nyeri di bagian perut, pinggang, pinggul, bahkan sakit kepala yang tak tertahankan. Tapi, ada cara tepat untuk mencegahnya.
 
Perubahan lifestyle atau gaya hidup dapat memberikan dampak yang positif. Hal ini disampaikan oleh dr. Grace Valentine, Sp. OG selaku Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan di RS Pondok Indah-Puri Indah.
 
“Pola makan sehat dan seimbang, konsumsi makanan tinggi serat yaitu sayur dan buah, mengurangi makanan manis dan berminyak telah terbukti dapat mengurangi gejala,” ujar dr. Grace kepada Medcom.id.
 
Konsumsi nutrisi seimbang sangat memberikan dampak positif. Hindari konsumsi makanan yang terlalu berminyak dan manis.
 
Kemudian, wanita juga disarankan menghindari beberapa produk yang dapat memengaruhi hormon mereka. Di antaranya, kafein berlebih, rokok, dan alkohol.
 
Selain itu, melakukan olahraga teratur, selama minimal 150 menit per minggu dengan intensitas ringan hingga sedang. Cara ini juga dinilai ampuh.
 
Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan itu menjelaskan, wanita yang melakukan olahraga teratur telah terbukti lebih jarang mengalami nyeri haid. Bukan sekedar pendapat, tapi ada hubungannya secara medis.
 
“Olahraga intensitas sedang dapat mencegah nyeri melalui peningkatan produksi zat antiinflamasi dan mengurangi jumlah prostaglandin, zat penyebab kram atau kontraksi rahim saat haid, yang dilepaskan,” paparnya.
 
Berdasarkan beberapa studi juga menunjukkan bahwa wanita yang berolahraga teratur, lebih jarang mengalami nyeri haid. Oleh karena itu, pada wanita dengan nyeri haid disarankan melakukan olahraga teratur.
 
“Pada kondisi nyeri haid ringan, alternatif sebelum mengonsumsi obat antinyeri, dapat dilakukan dengan kompres hangat di bagian perut bawah atau pinggang yang dirasakan nyeri atau tidak nyaman,” pungkas dia.
 


 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif