Berikut ini adalah alasan mengapa balita sering tersedak. (Foto: Pexels.com)
Berikut ini adalah alasan mengapa balita sering tersedak. (Foto: Pexels.com)

Mengapa Balita Mudah Tersedak?

Rona gaya perkembangan anak
Medcom • 27 Oktober 2019 08:00
Jakarta: Menyaksikan buah hati makan dengan lahap merupakan kebahagiaan tersendiri bagi seorang ibu. Tapi pastinya ibu juga khawatir jika makanan yang diasup bisa membuatnya tersedak.
 
Dokter anak Nancy Showen, M.D dalam Babycenter menjelaskan mengapa balita memuntahkan makanan. "Setiap manusia memiliki refleks muntah saat tersedak makanan. Saat balita mengalami hal tersebut, biasanya karena ada yang tersumbat di dalam mulutnya. Anda harus berhati-hati karena tersedak bisa sangat berbahaya," tulisnya dalam artikel "Gagging in toddlers."
 
Selain itu, balita akan memuntahkan makanan jika mereka makan terlau cepat dan teralalu banyak. Bahkan, mereka akan memuntahkan makanan yang tidak sesuai dengan rasa atau tekstur yang dimakan.

Jadi, apa yang harus dilakukan saat anak tersedak?

Biasakan anak Anda makan dengan perlahan, jangan membuatnya makan terburu-buru. Serta perhatikan jumlah makanan yang dimakan, jangan sampai membuatnya makan lebih dari yang mereka inginkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Potonglah makanan menjadi bagian kecil-kecil untuk memudahkannya makan. Hindarilah memberikan makanan yang mudah tersedak seperti kismis, anggur utuh, kacang-kacangan dan popcorn.
 
Mengapa Balita Mudah Tersedak?
(Balita tersedak bisa berbahaya. Berikan ia makanan dengan potongan yang tepat dan berikan secara perlahan. Foto: Pexels.com)
 
Ajari anak Anda untuk mengambil satu potong makanan dan langsung mengunyahnya dengan benar sebelum menelan yang lain. Jangan tinggalkan balita sendirian saat mereka makan.
 
Jika balita cenderung muntah ketika minum dengan makanan, pertimbangkan untuk memberinya minum setelah balita selesai makan.
 
Seiring berjalannya waktu, anak Anda akan belajar memakan makanannya tanpa tersedak. Tetapi, jika anak Anda masih sering tersedak dan muntah saat makan periksa dan konsultasikan kepada dokter spesialis anak.
 
Konsultasikan ke dokter spesialis anak di Rumah Sakit RSCM-Kencana, Rumah Sakit Pondok Indah Puri Indah, atau Rumah Sakit Royal Taruma jika si kecil masih mengalami muntah yang tidak wajar. Atau bawa ke pusat layanan terdekat dari rumah Anda.
 

Siti Mazhidawati
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif