Ada satu kondisi kesehatan yang membuat produksi keringat berlebih. Ini dinamakan hyperhidrosis. (Foto Ilustrasi: Hans Reniers/Unsplash)
Ada satu kondisi kesehatan yang membuat produksi keringat berlebih. Ini dinamakan hyperhidrosis. (Foto Ilustrasi: Hans Reniers/Unsplash)

Anda Patut Waspada jika Mengalami Keringat Berlebih

Rona tips kesehatan
Kumara Anggita • 29 April 2019 12:47
Secara biologis, seseorang memiliki keunikan tersendiri. Termasuk dengan produksi keringat. Kebanyakan orang berkeringat ketika suhu tubuh mulai naik lebih dari 98,8 derajat. Namun jika suhu tubuh normal, tapi keringat terus berproduksi, maka itu perlu Anda khawatirkan.
 
Jakarta: Berlari, berdiri di tengah jalan pada siang hari, dan sauna membuat Anda berkeringat. Namun bagaimana ketika keringat itu muncul saat Anda sedang duduk-duduk saja dalam ruangan yang teduh.
 
Para ahli menjelaskan bahwa walaupun secara biologis seseorang memiliki keunikan tersendiri. Termasuk kaitannya dengan produksi keringat, ada kondisi tertentu di mana Anda perlu untuk mengkhwatirkannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Dokter Kulit, Lindsey Bordone, jumlah keringat yang dihasilkan seseorang berbeda satu dengan lainnya dan juga dapat bervariasi tiap harinya. Namun, secara umum ada suhu tertentu yang membuat orang mulai berkeringat.
 
"Kebanyakan orang berkeringat ketika suhu tubuh mereka mulai naik lebih dari 98,8 derajat," kata Bordone.
 
Lebih lanjut, Bordone memberi beberapa indikasi yang menunjukkan bahwa produksi keringat Anda mulai tidak normal. Misalnya, Anda bisa memerhatikan apakah keringat yang muncul dibandingkan orang sekitar jauh lebih banyak atau produksi keringat meningkat dari hari-hari sebelumnya.
 
Sementara itu, Dokter Kulit, Michelle Dawson, menyatakan bahwa keringat dianggap tidak normal ketika sudah menghambat aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Tips Merawat Gigi Selama Puasa

"Ketika keringat berlebih menjadi penghambat untuk bekerja, kegiatan sosial, atau menyebabkan gejala seperti ruam, kulit kering hingga infeksi, maka sudah waktunya untuk khawatir," tambah Michelle Dawson.
 
Ada satu kondisi kesehatan yang membuat produksi keringat berlebih. Ini dinamakan hyperhidrosis.
 
Namun, ini bukanlah hal yang membahayakan melainkan membuat beberapa orang merasa frustrasi. Mereka yang menderita penyakit ini cenderung tidak percaya diri karena bau yang timbul akibat keringat.
 
Dokter kulit, Tsippora Shainhouse, menyatakan bahwa pasien dengan kondisi ini mungkin mengalami kaki berkeringat berlebihan. Karena itu, mereka harus menggunakan alas kaki saat berjalan di lantai.
 
"Kulit pada kaki juga bisa menjadi merah atau putih dan mengelupas dan bisa menjadi iritasi atau gatal," ujar Shainhouse.
 
Jika keadaan ini begitu membuat Anda frustrasi, masih menurut Shainhouse, Anda bisa berkonsultasi ke dokter karena banyak perawatan yang tersedia terkait produksi keringat berlebih.
 
Cara Sehat, Mudah dan Nyaman Mengontrol Berat Badan

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif