Ilustrasi (Foto: Cristina Gottardi/Unsplash.com)
Ilustrasi (Foto: Cristina Gottardi/Unsplash.com)

Manfaat Pergi ke Museum bagi Orang Lanjut Usia

Rona depresi
Raka Lestari • 16 Desember 2018 19:53

Jakarta: Melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan budaya, seperti pergi menonton ke bioskop, teater atau museum dapat membuat orang-orang yang sudah berusia lanjut usia tidak mudah mengalami depresi. Seperti diketahui, depresi merupakan masalah besar yang memengaruhi jutaan orang, terutama orang tua.

Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang menonton film, bermain, atau menonton pameran meski cuma sekali dalam beberapa bulan memiliki risiko 32 persen lebih rendah terkena depresi. Lebih baik lagi jika dilakukan secara rutin sekitar sebulan sekali, karena bisa memiliki risiko 48 persen lebih rendah terkena depresi.

"Biasanya orang-orang melakukan kegiatan yang berhubungan dengan budaya karena memang mereka ingin melakukannya saja, tetapi kita perlu meningkatkan kesadaran bahwa ada manfaat lain di balik melakukan kegiatan tersebut," kata Daisy Fancourt, Senior Research Associate dari University College London di Inggris. 

Kekuatan dari aktivitas budaya ini terletak pada kombinasi interaksi sosial, kreativitas, rangsangan mental, dan aktivitas fisik yang lembut yang mereka dorong. Pernyataan itu dibenarkan oleh penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Psychiatry.

Jika kita mulai merasa rendah diri terisolasi maka keigatan yang berhubungan dengan budaya adalah sesuatu yang sederhana yang dapat kita lakukan. Menurut Fancourt, secara proaktif kegiatan itu membantu kesehatan mental kita sendiri sebelum mencapai titik di mana kita memerlukan bantuan medis secara profesional.

"Namun, kegiatan semacam itu sendiri tidak mengobati depresi. Ini membutuhkan pendekatan berdasarkan penggunaan terapi bicara, ditambah dengan penggunaan obat-obatan pada saat orang-orang lanjut usia tersebut mengalami depresi yang lebih berat, "kata Amanda Thompsell dari Royal College of Psychiatrists.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?




(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi