Cahaya Biru Ponsel dan Gawai Picu Kanker Prostat?
Cahaya Biru Ponsel dan Gawai Picu Kanker Prostat? (Foto: gettyimages)
Jakarta: Penelitian telah menunjukkan bahwa cahaya biru dari ponsel atau gawai, dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh dan membuat Anda sulit untuk tidur lelap. Kini, sebuah penelitian terbaru mengatakan bahwa cahaya biru dari lampu jalan dan perangkat rumah dapat meningkatkan risiko kanker prostat.

Peneliti telah menemukan bukti bahwa perangkat harian rumah seperti ponsel, layar komputer dan bahkan lampu jalan yang memancarkan cahaya biru, meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita dan kanker prostat pada pria, sebanyak 1,5 kali.

Peneliti di Eropa mengumpulkan data lebih dari 4000 orang, termasuk mereka yang terkena kanker payudara dan prostat dengan rentang usia antara 20-85 tahun.


Dari hasil penelitian menunjukkan ruang tidur dan area yang terang dengan pencahayaan luar yang berat, dikaitkan dengan risiko kanker prostat yang lebih tinggi.

Namun, penelitian ini tidak menunjukkan sebab akibat, hanya ada hubungan antara cahaya biru dan kanker prostat. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah kecanduan ponsel dan gawai dapat membahayakan nyawa seseorang.

Tim penelitian menyarankan untuk menggunakan warna kaca atau jendela yang gelap untuk memblokir cahaya lampu dari luar guna menurunkan risiko kanker. Sementara itu, untuk penggunaan ponsel pintar dan gawai, sebaiknya kurangi menatap layarnya terlalu lama sebelum tidur.



(ELG)