Mengeluarkan air mata membantu tubuh membersihkan diri dari racun . (Foto: Pexels)
Mengeluarkan air mata membantu tubuh membersihkan diri dari racun . (Foto: Pexels)

Studi: Menangis dapat Mengurangi Stres

Rona stres
Raka Lestari • 24 Juli 2019 07:00
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Emotion menemukan bahwa, menangis dapat mengatasi dan meningkatkan kemampuan pemulihan ketika sedang stres. Menangis dapat membantu mempertahankan homeostasis biologis secara keseluruhan.
 
Jakarta: Menangis adalah hal manusiawi yang pasti pernah dialami setiap orang. Namun sayangnya beberapa orang menahan untuk tidak menangis karena takut dianggap lemah.
 
Selama ini stigma yang beredar di masyarakat adalah, seseorang yang menangis adalah mereka orang yang lemah. Padahal sebenarnya, stigma itu tidaklah benar.
 
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Emotion menemukan bahwa, menangis dapat mengatasi dan meningkatkan kemampuan pemulihan ketika sedang stres. Ini berarti bahwa semakin sedikit Anda menahan untuk tidak menangis, semakin baik perasaan Anda. Baik secara fisik maupun emosional.
 
Selama penelitian, peserta ditugaskan untuk menonton video sedih untuk mendapatkan emosi atau video netral selama 17 menit. Atau tepatnya sebelum menjalani tes stres.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mereka yang menonton video sedih yang memang dirancang untuk mengeluarkan air mata dapat mempertahankan tingkat pernapasan yang stabil selama tes stres. Selain itu, detak jantung mereka melambat sesaat sebelum menangis dan lebih stabil ketika mengerjakan tugas yang membuat stres.
 
Hasil ini menunjukkan bahwa menangis dapat membantu mempertahankan homeostasis biologis secara keseluruhan. Dan mungkin ini terjadi melalui cara bernapas yang teratur dan pengaturan jantung yang lebih baik. Ini adalah alasan fisiologis Anda merasa lebih baik setelah menangis dengan cara kuno yang baik.
 
Dr Judith Orloff, penulis buku The Empath's Survival Guide, menjelaskan bahwa ada tiga jenis air mata yaitu refleks, kontinyu, dan emosional. Air mata refleks membantu untuk menghilangkan iritasi dari mata Anda. Sementara air kontinyu membuat mata Anda tetap terlumasi. Sedangkan air mata emosional membantu tubuh Anda menghilangkan hormon stres dan meningkatkan penyembuhan.
 
"Cobalah untuk tidak memercayai mitos yang selama ini ada di masyarakat. Menangis adalah sesuatu yang baik, menangis juga merupakan sesuatu yang sehat. Menangis juga dapat membantu untuk menghilangkan kesedihan dan stres secara emosional," ujar Dr Orloff.
 
University of Pennsylvania Penn School of Medicine mencatat di situs web-nya bahwa mengeluarkan air mata membantu tubuh membersihkan diri dari racun dan hormon yang berkontribusi pada peningkatan tingkat stres. Ini juga pada gilirannya dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda.
 

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif