Gejala Awal Penyakit Parkinson (Foto: ist)
Gejala Awal Penyakit Parkinson (Foto: ist)

Gejala Awal Penyakit Parkinson

Rona parkinson
Raka Lestari • 25 Mei 2019 20:00
Jakarta: Penyakit parkinson biasanya identik dengan mereka yang sudah berusia lanjut. Meskipun memang benar bahwa sebagian besar penderita parkinson adalah mereka yang sudah berusia lanjut. Gejala-gejala umum dari Parkinson yang bisa terlihat adalah bradykinesia (istilah medis untuk gerakan yang melambat) dan terjadinya tremor.
 
Patrick Lewis, associate professor di bidang ilmu saraf seluler dan molekuler dari University of Reading memberitahukan beberapa gejala awal dari Penyakit Parkinson:
 
Kehilangan kemampuan pada indra penciuman

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa keluhan umum yang sering terjadi pada mereka yang didiagnosis Parkinson adalah terjadi perubahan atau kehilangan kemampuan pada indra penciuman mereka beberapa tahun sebelum mengalami tremor atau masalah gerakan lainnya.
 
Mengalami masalah tidur
 
Ada hubungan antara perubahan dalam pola tidur yang disebut rapid eye movement (REM) sleep behaviour disorder dengan risiko mengembangkan Parkinson. Gangguan perilaku tidur REM atau RBD bukan hanya masalah tidur yang tidak nyaman. Orang-orang yang mengalami RBD terkadang melakukan gerakan dalam tidur mereka atau bahkan bisa melukai dirinya sendiri.
 
Konstipasi
 
Masalah pada pencernaan dan usus adalah masalah yang sering dialami oleh para penderita Parkinson. Meskipun memang sebagian besar dari gejala konstipasi  bisa terjadi karena alasan yang beragam, namun menurut Lewis para penderita Parkinson banyak yang memiliki masalah buang air besar. Konstipasi merupakan salah satu gejala awal, bahkan 20 tahun sebelum penyakit Parkinson terdeteksi.
 
Kecemasan dan depresi
 
Merasa cemas dan tertekan, terlepas dari masalah kehidupan yang dialami sehari-hari juga merupakan salah satu masalah yang dilaporkan oleh para penderita Parkinson. Menurut Lewis, kemungkinan hal ini disebabkan oleh perubahan keseimbangan aktivitas kimiawi di otak. Dan gejala ini dianggap sebagai masalah yang lebih besar dibandingkan masalah gerakan pada penderita Parkinson.
 
Penting untuk diingat bahwa ada banyak alasan lain mengapa gejala-gejala tersebut timbul. Dan meskipun Anda mengalami gejala-gejala diatas, belum tentu Anda mengalami Parkinson. Namun beberapa bukti kuat menunjukkan bahwa sebagian besar orang yang menderita Parkinson pernah mengalami beberapa gejala tersebut atau bahkan seluruh gejala tersebut.
 

 
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif